14 Macam Soto Nusantara - strategi.id
Budaya

14 Macam Soto Nusantara

soto dan angkringan pakdhe tonk

Strategi.id- Negeri Nusantara merupakan negara yang dikenal akan surganya kuliner.Salah satu makan favoritnya adalah soto yang memiliki beraneka ragam varian di seluruh pelosok negeri. Bicara soal soto, ada berapa jenis soto yang kamu coba? Apakah soto-soto yang ada di bawah ini pernah dicoba semua?

1. Soto Medan

Soto yang satu ini memakai kuah santan yang cukup kental. Selain kental, kuahnya juga kaya akan rempah. Soto medan bisa diisi daging sapi, daging ayam, atau udang. Selain tiga hal itu, penjual soto medan akan menambahkan perkedel kentang, emping, telur, dan tomat. Ada juga beberapa penjual yang menambahkan tauge dan bihun ke dalam sotonya.

2. Soto Padang

Soto padang menggunakan kaldu sapi sebagai kuahnya. Rasa kuahnya gurih dan asam, karena penjual soto padang suka menambahkan cuka atau jeruk peras ke dalamnya. Soto padang biasanya diisi dendeng sapi, bihun, dan perkedel kentang. Jika suka, kita bisa menambahkan sambal dan irisan daun bawang ke dalamnya.

baca juga : Kuliner Boyolali Tak Kalah Enak Dengan Jakarta

3. Soto Betawi

Soto betawi memiliki kuah kental dan gurih. Aromanya juga enak, karena ada pala, cengkeh, dan kapulaga di dalam kuahnya. O iya, soto betawi memiliki isian yang cukup banyak! Ada tomat, kentang, emping, daging sapi, hati, dan beberapa jenis jeroan.

4. Soto Mi Bogor

Sesuai dengan namanya, soto ini menggunakan mi kuning sebagai isian utamanya. Selain mi, penjual soto mi bogor akan menambahkan kol, risoles, babat, kikil, dan daging sebagai isiannya. Soto mi biasanya dihidangkan tanpa nasi.

5. Soto Bandung

Kuah soto ini terbuat dari kaldu sapi yang diberi rempah-rempah. Isiannya cukup banyak, ada daging sapi, tomat, lobak, dan kacang goreng. O iya, soto bandung tidak menggunakan santan, jadi kuahnya bening.

baca juga :Bisa Jadi Rekomendasi, Beberapa Warisan Kuliner Indonesia Serba Kambing

6. Soto Tasik

Soto tasik menggunakan kaldu ayam yang diberi santan sebagai kuahnya. Kuahnya semakin wangi dengan tambahan serai, lengkuas, dan daun salam. Soto tasik menggunakan bihun, kacang goreng, dan daging ayam kampung yang sudah disuwir-suwir sebagai isiannya.

7. Soto Madura

Daerah Madura juga punya hidangan soto. Soto madura memiliki isian cukup banyak jika dibandingkan dengan soto lainnya. Babat, paru, usus, telur rebus, bihun, kol, dan tauge adalah isian yang ada di dalam soto madura. Wah… sepertinya mengenyangkan, ya, Teman-teman.

baca juga : Nama-nama Kepanjangan Makanan Kuliner

8. Soto Kudus

Soto kudus memiliki dua jenis isian, yakni daging sapi dan daging ayam. Kamu bisa memiliki salah satunya. Untuk isian tambahannya ada tauge, seledri, bawang merah dan putih goreng. Soto kudus cukup unik, karena disajikan menggunakan mangkuk berukuran kecil.

9. Soto Lamongan

Soto lamongan memiliki kuah bening dan gurih. Soto lamongan menggunakan irisan daging ayam, bihun, dan kol sebagai isiannya. Konon, soto lamongan merupakan satu-satunya soto yang menggunakan bubuk koya sebagai taburannya.

10. Soto Banjar

Soto dari daerah Kalimantan ini terkenal kaya akan rempah, seperti kayu manis, cengkeh, dan biji pala. Soto banjar memiliki kuah bening. Isiannya ada ayam, telur, perkedel, dan bihun. Soto banjar biasanya disajikan dengan irisan lontong.

11. Coto Makassar

Namanya soto makassar, tapi penduduk setempat menyebutnya coto makassar. Hidangan ini memiliki isian yang cukup banyak, ada daging sapi, usus, hingga hati. Coto makassar biasanya disajikan dengan irisan ketupat.

12. Soto Lenthok Yogyakarta

Soto Lenthok merupakan soto khas Yogyakarta. Pada umumnya, sajiannya sama dengan soto yang lain. Yang membedakan adalah Lenthok. Lenthok bisa dibilang perkedel kecil yang dibuat dari singkong.

13. Soto Taucho Pekalongan

Soto Tauco sering disebut dengan tauto alias tauco soto. Potongan jeroan yang diiris tipis disajikan bersama ketupat dan disiram dengan kuah kaldu. Yang paling mantap adalah tambahan sambal goreng atau tauco.

14. Soto Bening Semarang

Soto ini hampir mirip dengan soto kudus namun yang membedakaan adalah Soto Bening Semarang tidak mengunakan banyak kemiri buat kuahnya. Isian dari soto yang kuahnya mengunakan kaldu ayam kampung adalah tauge,soun,tomat,ayam dan ditahurkan khas bawang goreng daun bawang putih di goreng.

Untuk anda yang tingal di Jabodetabek sekarang tidak perlu jauh jauh lagi untuk menikmatinya di daerah bekasi terdapat Soto Bening Khas Semarang di komplek Harapan Jaya Jalan Jayawijaya Raya Blok B 166 seberang SMPN 25 Bekasi. Namanya adalah Soto dan Angkringan Pakdhe Tonk yang buka dari senin sampai dengan sabtu Jam 9 pagi sampai jam 10 malam.

Oke Temen teman semua sampai jumpa dengan review review berikutnya ya…

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top