21 Orang Terduga Teroris Di Amankan Polisi – strategi.id
Nusantara

21 Orang Terduga Teroris Di Amankan Polisi

strategi.id – Menjelang Natal dan Tahun Baru, Tim Densus 88 Antitero Polri berhasil menangkap 21 terduga teroris. Penangkapan tersebut dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia dalam sebulan terakhir.

sejak November hingga Desember 2018. Namun demikian, dari 21 terduga teroris tersebut, Densus 88 Antitero Polri belum menemukan indikasi rencana serangan para terduga teroris saat Natal dan Tahun Baru.

“Satu bulan ini, bahkan 21 orang sudah kami tangkap dan proses hukum, tidak ada rencana serangan teror Natal dan Tahun Baru, belum ada. Tapi kami akan akan monitor terus,” ujar Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (19/12/18).

Sementara itu, Kapolri menjelaskan enam dari terduga teroris tersebut ditangkap di Sumatera Utara, tiga di Jawa Barat, empat di Sulawesi Tengah, dua di Yogyakarta, tiga di Sulawesi Selatan, satu di Jambi, dua kembali dari Suriah.

baca juga: Polri Fokus Amankan 48.798 Gereja Saat Natal dan Tahun Baru

Diketahui, beberapa dari terduga teroris ini, merupakan anggota kelompok Jamaah Anshor Daulah (JAD).

Selain itu dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang tinggal menghitung hari. Untuk itu, Polri mulai mempersiapkan jajarannya yang akan fokus menjaga 48.798 unit gereja.   

“Untuk pengaman Natal yang menjadi fokus pengaman tempat ibadah umat Kristiani, gereja 48.798 unit gereja,” kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo melalui keterangan tertulisnya, Selasa (18/12/18).

baca juga Korlantas Polri Imbau Agar Pemudik Memperhatikan Kecepatan

Dedi mengungkapkan, Polri akan membagi dua level pengamanan di tingkat Polda. Pada level kategori daerah rawan terdapat 13 polda, sedangkan kategori tingkat kerawanan rendah Polri menggolongkan 21 polda.

Untuk polda dengan kategori paling rawan meliputi polda di Sumut, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jabar, DIY, Jateng, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua.

“Adapun jumlah personel yang dilibatkan Polri di dalam rangka pelaksanaan Operasi Lilin secara keseluruhan ada 94.946 personel,” rinci Dedi.

Proses pengamanan selama Nataru, kata Dedi, tidak hanya dari Polri. Namun, juga melibatkan unsur TNI, pemda, hingga organisasi masyarakat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top