25 Pendongeng diterjunkan ke 25 RPTRA di Jakarta Utara Maret ini - strategi.id
Nusantara

25 Pendongeng diterjunkan ke 25 RPTRA di Jakarta Utara Maret ini

Strategi.id - 25 Pendongeng diterjunkan ke 25 RPTRA di Jakarta Utara Maret ini
Strategi.id - 25 Pendongeng diterjunkan ke 25 RPTRA di Jakarta Utara Maret ini

Strategi.id – Sepanjang bulan Maret ini, sejak 14 hingga 29 Maret 2019 nanti, diterjunkan 25 orang pendongeng ke 25 RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) di Jakarta Utara. Setiap RPTRA akan dikirim seorang pendongeng.

Para pendongeng dari Tim Dongeng Literasi (Tidolit) Jaringan Anak Nasional (JARANAN) itu mengemban misi merangsang minat dan pembudayaan literasi pada anak-anak usia PAUD/TK dan SD kelas rendah yang ada di lilingjunga RPTRA-RPTRA Jakarta Utara.

Baca Juga : Menghadapi Era Post Truth, Para Orangtua dan Guru Muda Harus Punya Kemampuan Mendongeng

Program mendongeng di 25 RPTRA yang digelar setiap bulan itu merupakan kerjasama antara Suku Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Jakarta Utara (Sudin Pusip Jakut) dengan Jaringan Anak Nasional (JARANAN). Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Januari lalu. Dan rencananya akan berlangsung hingga Desember 2019 nanti.

Direktur Eksekutif JARANAN, Nanang Djamaludin mengatakan, pihaknya setiap bulan, sejak Januari lalu, menugaskan 25 pendongeng untuk mendongeng di 25 RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) di Jakarta Utara. Jumlah keseluruhan RPTRA yang ada di Jakarta Utara sekitar 65 RPTRA.

“Dari sekitar 65 RPTRA di Jakut itu kami sambangi secara bergilir. Tiap bulannya kami sambangi 25 RPTRA, yang berarti satu RPTRA dalam setahunnya bisa disambangi pendongeng kami yang berbeda sekitar 4 sampai 6 kali,” jelasnya.

Pria yang juga konsultan keayahbundaan dan perlindungan anak itu memaparkan, kegiatan bertajuk “Story Telling di RPTRA” itu merupakan salah satu terjemahan dalam bentuk program kegiatan pasca terbitnya Pergub DKI Jakarta No.76 Tahun 2018 tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca yang dibuat Anies Baswedan.

Dikatakannya, spirit dari Pergub itu adalah merangsang minat dan pembudayaan membaca dalam rangka membentuk SDM masyarakat DKI Jakarta yang berkualitas, melalui tiga sektor yang dilakukan secara simultan, yakni sektor keluarga, sekolah, dan masyarakat umum. Perangsangan minat dan pembudayaan kegemaran membaca itu sendiri melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat sosialisasi, promosi, kompetisi, dan apresiasi.

“Kami dari JARANAN sendiri sudah sejak lama, jauh sebelum Pergub itu terbit, memiliki konsep berupa formula dan strategi penumbuhkembangan minat dan budaya literasi untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sekolah, dan di tengah masyarakat atau komunitas. Formula dan strategi itu kami beri nama READ, BACALAH dan IQRA,” ungkapnya.

Dan mendongeng, lanjutnya, merupakan salah satu saja dari formula dan strategi yang dikembangkan JARANAN dalam rangka merangsang dan menumbuhkembangkan minat berliterasi pada anak, khususnya literasi dasar (basic literatur) sejak dini.

Sementara itu Kepala Seksi Perpustakaan Sudin Pusip Jakarta Utara, Iwan Hery Susanto menyampaikan bahwa kegiatan story relling di RPTRA tersebut untuk mengenalkan dongeng sebagai bagian dari budaya tutur bangsa kita kepada anak-anak.

“Pelaksanaannya kita bekerjasama dengan masyarakat. Dan untuk Mendongeng ini kita bekerjasama dengan JARANAN,” katanya.

Baca Juga : Mendongeng di 25 RPTRA Jakarta Utara Kembali Digelar

Adapun 25 RPTRA pada yang akan sambangi kegiatan mendongeng di bulan Maret ini adalah:

RPTRA Triputra Persada Hijau, RPTRA Satria Biru, RPTRA Taman Sena, RPTRA Kamal Bahari, RPTRA Kapuas, RPTRA Green Tenaga, RPTRA Malaka Asri, RPTRA Pulo Besar, RPTRA Anoa, RPTRA Kita Bersaudara, RPTRA Cilincing Berseri, RPTRA Pesona Tipar, RPTRA Marunda.

Selanjutnya RPTRA Green Marunda, RPTRA Dukuh Manis, RPTRA Rorotan Indah, RPTRA Tipar Asri, RPTRA Al Alam, RPTRA Si Pitung, RPTRA Sirih Kuning, RPTRA Intiland Teduh, RPTRA Gabus Pucung, RPTRA Mutiara, RPTRA Mangrove, dan RPTRA Pondok Gading.

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Atas