28.093 Rumah di Papua Nikmati Penerangan Pakai Lampu Surya - strategi.id
Teknologi

28.093 Rumah di Papua Nikmati Penerangan Pakai Lampu Surya

28.093 Rumah di Papua Nikmati Penerangan Pakai Lampu Surya

Strategi.id – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menerangi 28.093 rumah di tiga kabupaten kota Provinsi Papua, dengan menyerahkan paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, dalam rangka memberikan akses energi bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi masyarakat di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) yang belum menikmati aliran listrik. Kementerian ESDM membagikan 28.093 LTSHE untik masyarakat Kabupaten Ndunga, Mappi dan Intan Jaya.

Baca Juga : Kementerian ESDM Bakal Terangi 1.000 KM Jalan Pakai Lampu Tenaga Surya

“Program LTSHE ini bertujuan untuk menerangi desa-desa yang masih gelap gulita. Paket LTSHE akan dibagikan kepada penerima manfaat yang berada di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir dan pulau terdepan atau jauh dari jangkauan PLN,” kata Rida, dikutip dari rilis resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (13/3/19).

Rincian pembagian 28.093 unit paket LTSHE yang diserahkan pada tiga kabupaten di Provinsi Papua tersebut sebagai berikut, Kabupaten Nduga sebanyak 12.478 unit; Mappi sebanyak 1.303 unit; dan Intan Jaya sebanyak 14.312 unit.

Menurut Rida, program LTSHE ini bukan merupakan bantuan kepada masyarakat. Namun, program ini merupakan bentuk pengembalian hak rakyat. Diharapkan lampu yang diserahkan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan dijaga penggunaannya.

Bupati Mappi Kristosimus Agawemu, mengungkapkan, permasalahan Kabupaten Mappi mungkin mirip dengan kabupaten-kabupaten lainnya di Papua. Pembagian LTSHE menjadi langkah awal yang dilakukan oleh Kementerian ESDM di bidang kelistrikan.

Baca Juga : Listrik Tenaga Surya Diklaim Lebih Hemat, Begini Perhitungannya

“Melalui penyerahan LTSHE ini dapat mendorong sektor-sektor lain seperti pendidikan, kesehatan dan ekonomi agar dapat lebih maju,” ujarnya. 

Menggunakan dana APBN, hingga akhir tahun 2018 telah disalurkan lampu surya gratis sebanyak 172.996 rumah di 16 provinsi. Sementara untuk tahun 2019, rencananya akan diserahkan lampu surya gratis sebanyak 98.481 rumah di daerah 3T.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top