31 Desember, Smartphone Windows Tak Didukung WhatsApp - strategi.id
Teknologi

31 Desember, Smartphone Windows Tak Didukung WhatsApp

Strategi.id – Bagi pengguna smartphone Windows, sepertinya sudah waktunya bagi kamu untuk mempertimbangkan beralih ke Android atau iOS. Aplikasi pesan populer WhatsApp baru saja mengumumkan kalau pihaknya bakal segera menghentikan dukungan layanannya untuk smartphone Windows.

Mulai 31 Desember 2019, pengguna WhatsApp di perangkat Windows tidak akan lagi mendapatkan pembaruan software dan keamanan pada aplikasinya. Keputusan WhatsApp ini selaras dengan keputusan Microsoft yang akan menyetop dukungan terhadap sistem operasi Windows 10 Mobile, juga pada Desember.

Pada awal 2019 lalu, Microsoft memang pernah mengungkap bahwa perusahaan akan tetap menyediakan pembaruan keamanan dan software hingga akhir 2019 untuk platform mobile-nya. Tapi, tidak akan ada pembaruan software besar yang signifikan.

Baca juga : 6 Fitur Baru Ini Bakal Hadir di Aplikasi WhatsApp

Windows 10 Mobile sendiri menjadi sistem operasi Windows Phone terakhir yang dikembangkan Microsoft untuk smartphone-nya. Dalam postingan di blog resminya, Microsoft mengungkap bahwa tidak akan ada lagi sistem operasi terbaru untuk smartphone Windows.

Sebelumnya, WhatsApp telah menghentikan dukungan software untuk beberapa sistem operasi, seperti Nokia Symbian S60, Nokia Series 40, BlackBerry OS, dan BlackBerry 10.

Pada 1 Februari 2020, WhatsApp bahkan sudah memiliki rencana untuk tak lagi mengeluarkan update pada Android versi 2.3.7 dan yang lebih lawas.

Baca juga : 8 Aplikasi Antivirus Untuk Smartphone Android

Selain itu, perangkat yang menggunakan sistem operasi iOS 7 dan versi yang lebih lawas juga tidak lagi kompatibel dengan WhatsApp.

Sementara ada pencabutan dukungan di beberapa platform, WABetaInfo mengabarkan bahwa sekarang WhatsApp tengah mengembangkan Universal Windows Platform (UWP). Platform ini dilaporkan bakal memungkinkan WhatsApp bekerja di semua perangkat Windows 10, termasuk Xbox One dan perangkat seluler lainnya.

“Saya sudah pernah membahas soal WhatsApp Business untuk iOS, WhatsApp Business untuk Android, dan WhatsApp Business KaiOs, dan yang terbaru soal WhatsApp Messenger dan Business untuk iPad sebelum ada pengumuman resmi dari WhatsApp. Sekarang saya bisa mengumumkan secara resmi jika WhatsApp sedang mengembangkan UWP! Ini beneran,” tulis WABetaInfo, dalam cuitan di Twitter.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top