4 Tahun Jokowi-JK: Indikator Makro Berbagai Sektor Membaik – strategi.id
Nusantara

4 Tahun Jokowi-JK: Indikator Makro Berbagai Sektor Membaik

Strategi.id - 4 Tahun Jokowi-JK: Indikator Makro Berbagai Sektor Membaik
Strategi.id - 4 Tahun Jokowi-JK: Indikator Makro Berbagai Sektor Membaik

Strategi.id – Dalam 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK kinerja berbagai sektor di bawah koordinator Kementerian Perekonomian membaik. Hal tersebut terungkap dalam konferensi pers yang dihadiri oleh delapan menteri di bawah Kemenko Perekonomian di Aula Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa, (23/10/18).

Dalam pengantarnya pada konferensi pers Laporan 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan capaian-capaian makro. Di antaranya soal kesempatan kerja, harga komoditas, kemiskinan, fiskal dan moneter, serta utang luar negeri.

“Kesempatan kerja, dalam lima tahun ditargetkan 10 juta. Sampai saat ini sudah terserap 8,2 juta orang,” ungkapnya

Selain itu harga-harga terkendali. Stabilitas harga terjaga yang membuat daya beli masyarakat dan memberi ruang gerak dunia usaha terbuka. Sementara itu tingkat inflasi turun, dari 3 persen menjadi 2,8 persen.

Angka kemiskinan pun menjadi satu digit. Dari 10,96 persen pada 2014 menjadi 9,82 pada Maret 2018. Sementara itu, gini rasio juga menurun, dari 0,414 pada 2014 menjadi 0,389 pada Maret 2018 jadi.

Moeldoko juga menyampaikan sektor fiskal dan moneter dikelola dengan baik dan hati-hati sehingga terkendali. Defisit transaksi berjalan dijaga di bawah 3 persen dari PDB. Cadangan devisa cukup untuk membiayai utang luar negeri dan impor selama 6,3 bulan atau 2 kali yang dipersyaratkan secara internasional dan pembayaran utang luar negeri. Selama 6,3 bulan atau 2 kali syarat internasional.

Utang dikelola dengan baik dialokasikan untuk belanja produktif. Dan rasio dijaga di bawah 30 persen dari PDB dan di bawah amanat undang-undang negara maksimum 60 persen dari PDB.
Dalam elaborasinya, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyatakan meski ada tantangan kondisi makro ekonomi sehat dan secara fundamental kuat. Bila dilihat lebih dalam lagi berbagai indikator dasar mengalami perbaikan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top