5 Orang keturunan yang berjuang untuk Indonesia - strategi.id
Tokoh

5 Orang keturunan yang berjuang untuk Indonesia

Strategi.id - 5 Orang keturunan Tionghoa yang berjuang untuk Indonesia / foto : brilio.net
Strategi.id - 5 Orang keturunan Tionghoa yang berjuang untuk Indonesia / foto : brilio.net

Strategi.id – Sudah menjadi rahasia umum kalau di Indonesia ada semacam sikap sentimen terhadap orang-orang keturunan Tionghoa. Mereka dianggap tidak senang membaur atau sombong dengan orang di sekitar. Padahal belum tentu mereka bersikap seperti itu, hanya saja kita sudah terlanjur terbawa asumsi sendiri.

Sejarah Indonesia sendiri sebenarnya mencatat orang-orang keturunan Tionghoa yang membela Tanah Air. Sejak zaman Belanda, mereka menganggap Indonesia sebagai tumpah darahnya. Cukup banyak pahlawan dari golongan Tionghoa, meskipun nama-nama mereka kebanyakan tidak banyak yang tahu.

Ini dia sembilan orang pribumi keturunan Tionghoa yang membela Indonesia mati-matian bahkan ada yang dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional, seperti strategi.id kutip dari berbagai sumber, Selasa (5/2/19).

baca juga : Hari Libur Imlek dan Pekabaran Injil di Papua

Susi Susanti

Foto : Buku otobiografi

Susi Susanti berhasil mengangkat nama Indonesia di kancah internasional, Ia bekerja keras untuk terus berlatih bukutangkis karena memang ingin sekali mengharumkan nama bangsa.

Banyaknya prestasi yang diraih, ia juga mendapatkan penghargaan Tanda kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Utama dari negara.

Yap Thiam Hien

Foto : infobintaro.com

Kalau sekarang negara sudah ada lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), beberapa dekade yang lalu ternyata ada seorang keturunan Tionghoa yang sangat antikorupsi dan gigih menentang praktik kotor itu sejumlah lembaga pemerintah.

Ia sempat ditahan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1968 dan kembali dimasukkan sel pada tahun 1974 karena membela aktivitas mahasiswa dalam peristiwa Malari. Yap menjadi salah satu pendiri Yayasan lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).

Tan Liong Houw

Foto : blogspot.com

Kalau di dunia bulutangkis ada Susi Susanti, di dunia sepakbola ada Tan Liong Houw. Pemilik nama lain Latief Harris Tanoto ini adalah mantan pesepakbola Indonesia yang memiliki julukan Macan Betawi. Pada saat era kejayaannya, ia sempat membela tim yang sekarang berganti nama jadi Persija Jakarta.

Siauw Giok Tjhan

Foto : brilio.net

Meskipun lahir dari keluarga Tionghoa, namun kecintaannya terhadap Tanah Air tidak bisa disangsikan. Bahkan pria ini lebih suka diakui sebagai orang Indonesia daripada Tionghoa, Pria kelahiran Surabaya 23 Maret 1914 ini juga menjadi salah satu pendiri cikal bakal Universitas Trisakti Jakarta.

John Lie

Foto : brilio.net

Tokoh satu ini mungkin salah satu orang yang sudah dikenal luas, terutama di Angkatan Laut. Mayor (AL) John Lie (Lie Tjeng Tjoan) merupakan seorang nahkoda yang dipercaya Pemerintah Indonesia.

Tahun 2009 silam, di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, John Lie masuk ke dalam daftar pahlawan nasional karena jasanya terhadap negara yang memang begitu luar biasa.

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Atas