5 Produk Indonesia Dijual Saat Hari Belanja 11.11 di Online Store Alibaba – strategi.id
Nusantara

5 Produk Indonesia Dijual Saat Hari Belanja 11.11 di Online Store Alibaba

Strategi.id- Produk Indonesia yang di jual di Alibaba

Strategi.id- Pemerintah memanfaatkan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia dengan menggelar pertemuan dengan pendiri Alibaba Group, Jack Ma. Pertemuan ini menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Hasil pertemuan ini, menghasilkan satu keputusan, di mana telah disepakati ada 5 produk asal Indonesia yang akan mengikuti event penjualan terbesar Alibaba yang dinamakan 11.11 sales. Ini event penjualan terbatas hanya dalam satu hari.

“Tanggal 11/11 itu event besar-besaran yang ditunggu di China. Jadi kita harus siapkan, tidak hanya produknya tapi harganya juga harus bersaing dan kualitas harus bagus sekali. Ke depan kita kerjasama dengan Kadin Indonesia supaya bukan hanya produk makanan tapi bisa produk industri besar yang bisa diikutkan di 11.11 itu,” kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf usai bertemu dengan Jack Ma di Nusa Dua, Sabtu (13/10).

Baca Juga : Pertarungan Alibaba Dengan JD.Com Berebut Pasar Single Day

Triawan menjelaskan dalam event penjualan yang diadakan Alibaba ini, akan ada 10 juta produk yang dijual yang berasal dari berbagai negara. Untuk itu, kualitas produk dan harga menjadi kunci dalam kesuksesan dalam event tersebut.

Adapun syarat setiap produk yang ingin mengikuti ajang penjualan tersebut, harus

memiliki stok minimal 1 juta untuk bisa di drop di gudang milik Alibaba sebelum ditawarkan. Syarat ini dikarenakan menjadi bagian dari pelayanan Alibaba kepada para konsumennya.

Baca Juga : 11 Produk Yang di Cari Konsumen Belanja Online

“Jadi mereka harus memastikan jangan sampai ada konsumennya yang membeli lalu barangnya tidak ada,” tegas Triawan.
Adapun lima produk asal RI yang akan dijual dalam event tersebut yaitu Kopi Kapal Api, biskuit Richeese, crackers Papatonk, Indomie dan Sarang Burung Walet. Kerja sama ini diyakini bisa meningkatkan ekspor Indonesia ke China.
Strategi.id- Salah Satu Produk Kebangaan Indonesia yang Dijual di 11.11 Alibaba

Strategi.id- Salah Satu Produk Kebangaan Indonesia yang Dijual di 11.11 Alibaba

“Karena produk ini yang sudah memiliki kualitas baik dan diterima Alibaba. Ke depannya kita akan usahakan untuk ditambah,” ujar Triawan

Baca Juga : Bertemu Jack Ma, Pemerintah Siap Mendukung Ekonomi Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah dan Alibaba sepakat memilih lima produk tersebut karena telah diproduksi dalam jumlah besar. Selain itu, tim penyeleksi dari Alibaba telah melihat preferensi dari para konsumennya.
“Ini saatnya menjual produk berkualitas tinggi dan dalam jumlah besar. Kami siapkan produk yang bisa menerima order tidak terbatas,” kata Airlangga seusai pertemuan pemerintah dengan pendiri Alibaba, Jack Ma, di Hotel Legian, Nusa Dua, Bali, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Menurut Airlangga, kerjasama ini akan menjadi uji coba pertama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. “Alibaba akan melihat bagaimana produk Indonesia. Bagi produsen akan bisa melihat bagaimana produk mereka bisa masuk ke pasar Cina,” ujar Airlangga.

Jika kerja sama pertama berhasil, lanjut Airlangga, Kamar Dagang dan Industri Indonesia siap menyediakan produk-produk lain yang bisa ditawarkan lewat Alibaba, pada fitur khusus Paviliun Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top