5 Tradisi Lebaran Di Berbagai Negara - strategi.id
Budaya

5 Tradisi Lebaran Di Berbagai Negara

Strategi.id – Setiap negara memiliki budaya dan tradisi yang berbeda-beda dalam banyak hal, termasuk dalam cara merayakan Hari Raya Lebaran. Seperti yang kita tahu, di Indonesia, Lebaran disambut dengan meriah. Tradisi umum yang dilakukan antara lain,  mudik, berkumpul bersama keluarga, dan bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR).

Selain itu, pada momen bahagia tersebut identik dengan ketupat sebagai makanan khas lebaran. Makanan lain seperti rendang, opor ayam, dan sambal goreng ati turut memeriahkan acara santap makan bersama keluarga tercinta pada hari tersebut. Ini adalah tradisi Lebaran yang ada di Indonesia, lalu bagaimana ya dengan tradisi di negara lain? Berikut ini adalah 10 tradisi unik yang dilakukan pada saat lebaran di berbagai negara lain.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

1. Malaysia

Negara tetangga terdekat dengan Indonesia ini memiliki tradisi merayakan Lebaran yang mirip dengan Indonesia. Hal ini terlihat dari suguhan makanan khas lebaran di Malaysia, seperti ketupat dan rendang.

2. Arab Saudi

Orang di Arab Saudi biasanya merayakan Hari Raya Lebaran dengan mengadakan pertunjukkan seni seperti pagelaran teater, pembacaan puisi, parade musik, tari, dan berbagai macam pertunjukkan seni lainnya. Hal ini bertujuan untuk memeriahkan hari yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat selama setahun.

3. Turki

Di Turki, Hari Raya Idul Fitri disebut dengan kata “Bayram”. Mereka merayakannya dengan memberikan salam dengan satu sama lain, sama dengan Indonesia, yang lebih muda akan memberikan hormat kepada yang lebih tua dengan cara mencium tangan atau bersujud di hadapan mereka.

4. Nigeria

Seperti yang sudah diketahui, masyarakat di Nigeria mayoritas terdiri dari kaum beragama Islam dan Kristen. Di Nigeria, Idul Fitri dikenal dengan nama “Sallah Kecil”. Pada hari itu, mereka akan saling mengucapkan salam satu sama lain yang berbunyi, “Barka Da Sallah” artinya adalah Salam Sejahtera di Hari Raya.

5. India

Pada saat Idul Fitri tiba, masyarakat Muslim di India akan melakukan Shalat Ied di Masjid yang menjadi pusat berkumpul pada Idul Fitri di New Delhi. Mereka akan melakukan Shalat Ied bersama-sama dan setelah itu barulah mereka berbincang-bincang sambil memakan hidangan makanan khas Lebaran daerah tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top