6 Fitur Baru Ini Bakal Hadir di Aplikasi WhatsApp - strategi.id
Teknologi

6 Fitur Baru Ini Bakal Hadir di Aplikasi WhatsApp

Strategi.id - 6 Fitur Baru Ini Bakal Hadir di Aplikasi WhatsApp

Strategi.id – Ada kabar bahagia bagi kamu pengguna WhatsApp. Aplikasi pesan instan milik Facebook itu dikabarkan masih menyimpan beberapa fitur baru yang belum diluncurkan untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Fitur terbaru yang telah dirasakan oleh pengguna WhatsApp adalah picture-in-picture (PiP) yang memungkinkan mereka untuk menonton video YouTube, Facebook, dan Instagram, pada jendela kecil yang terlihat seperti mengambang.

Setelah fitur tersebut kira-kira mana lagi yang akan dihadirkan oleh WhatsApp? Berikut adalah daftar enam fitur yang tengah diujicoba oleh WhatsApp, kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan akan meluncur secara global.

1. Memutar pesan suara secara berturut-turut

Berkirim pesan suara di aplikasi WhatsApp memang sangat berguna. Apalagi bagi orang yang sedang berkendara akan sangat memudahkan mereka dalam bertukar pesan tanpa harus mengetik yang bisa mengurangi fokus.

Fitur pesan suara WhatsApp akan menerima pembaruan, yang memungkinkan memutar pesan secara berurutan atau tidak satu per satu. Laporan WABetaInfo menjelaskan fitur ini berfungsi ketika WhatsApp mendeteksi dua atau lebih pesan suara. Yang perlu dilakukan hanyalah mengetuk tombol “Putar” pada audio pertama, WhatsApp kemudian akan secara otomatis memutar semua pesan suara lainnya secara berurutan.

baca juga : Kopitua, Menghubungkan Penikmat Kopi Lewat Aplikasi Dunia Maya

2. Mode gelap di WhatsApp

WhatsApp tampaknya akan mengikuti jejak aplikasi lain, seperti YouTube dan Twitter untuk menghadirkan mode gelap pada aplikasinya. Fitur ini akan mengubah tampilan umum pada aplikasi dari putih menjadi hitam.WhatsApp berencana untuk menghadirkan mode gelap untuk memberikan kenyamanan pengguna saat melihat pesan di malam hari.

Situs WABetaInfo, yang khusus mengungkap fitur-fitur WhatsApp, mengatakan mode gelap tersebut saat ini sedang dalam pengembangan. Mungkin kedengarannya tidak berguna, tetapi fungsi ini diklaim dapat menghemat masa pakai baterai di perangkat dan menyesuaikan agar lebih nyaman dilihat mata.

3. Jalan pintas panggilan grup WhatsApp 

Pada umumnya saat ini jika ingin melakukan panggilan suara atau video grup di WhatsApp harus memulai dengan satu orang terlebih dahulu. Nanti dengan hadirnya fitur ini, pengguna bisa langsung melakukan panggilan grup dengan hanya menekan satu tombol.

Tombol tersebut berada di samping nama grup dengan logo telepon dan tanda ‘+’. Dengan menekan tombol itu, akan membuka lembaran dengan semua anggota grup. Selanjutnya, pengguna harus menekan tombol panggilan audio atau video untuk memulai panggilan.

baca juga : Setelah Hangouts Aplikasi Allo juga ditutup Google

4. Media preview 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat kiriman gambar atau GIF melalui WhatsApp tanpa harus membuka aplikasi. Gambar atau GIF akan muncul di notifikasi pada perangkat smartphone milikmu.

Ketika seseorang mengirimkan gambar atau GIF, pengguna tidak perlu masuk ke aplikasi untuk melihatnya. Cukup menggeser panel notifikasi dari atas untuk melihat apa yang telah dikirim. Fitur ini sedang dalam tahap uji coba karena terdapat kesulitan untuk pemakaian perangkat dengan spesifikasi dan jenis layar yang berbeda.

5. QR code 

WhatsApp saat ini juga diketahui sedang menguji coba fitur QR code sebagai cara untuk berbagi nomor secara cepat dengan orang lain.

Sebenarnya QR code sudah digunakan WhatsApp yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan layanan pesan di komputer desktop. Untuk alasan keamanan, pengguna juga akan dapat mencabut kode QR untuk menghentikannya dibagikan atau menyebarnya tanpa persetujuan mereka. Fitur ini mirip dengan yang dimiliki Instagram yang dinamakan ‘nametag’. Pengguna Instagram bisa saling follow dengan memindai ‘nametag’, tanpa perlu mengetik nama akun.

baca juga : Google Datally Aplikasi “Anti-Maling” Paket Data

6. Iklan di status 

Fitur ini mungkin tidak diharapkan hadir oleh sebagian besar pengguna WhatsApp. Pasalnya fitur ini memungkinkan iklan hadir di sisipan status WhatsApp. Sebelumnya, Vice President WhatsApp Chris Daniels telah mengonfirmasi bahwa aplikasinya akan segera dijadikan tambang uang bagi Facebook.

Ia mengatakan WhatsApp bakal menempatkan iklan di fitur Status miliknya yang serupa Stories di Instagram. Kehadiran iklan di WhatsApp Status ini diprediksi akan membuat WhatsApp kehilangan banyak pengguna. Hal ini pula yang membuat para pendiri WhatsApp akhirnya angkat kaki dari Facebook.

Belum diketahui tepatnya kapan fitur iklan ini dan lainnya akan hadir kepada pengguna WhatsApp secara global. Tapi, ada salah satu cara untuk kalian yang ingin merasakan beberapa fitur yang telah disebutkan di atas, yaitu dengan mendaftar sebagai tester di WhatsApp Beta.

Dengan menjadi beta tester, pengguna bisa mengakses lebih awal beberapa fitur terbaru yang masih diuji. Konsekuensinya, aplikasi WhatsApp Beta masih banyak bug dan celah keamanan lainnya yang akan membuat penggunaannya jadi tidak nyaman.

Jadi, fitur mana yang kamu nantikan hadir di WhatsApp?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top