6,9 Juta Rokok Ilegal Dimusnahkan di Semarang, Negara Rugi Rp 3 M – strategi.id
Nusantara

6,9 Juta Rokok Ilegal Dimusnahkan di Semarang, Negara Rugi Rp 3 M

Strategi.id – Sebanyak 6,9 juta batang rokok ilegal hasil penindakan Bea Cukai di Semarang dimusnahkan kemarin. Kerugian negara akibat rokok ilegal tersebut mencapai Rp 3 miliar.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang menggelar pemusnahan di kantornya, Jalan Arteri Yos Sudarso Semarang. Pemusnahan secara simbolis dilakukan dengan pembakaran rokok dan pemecahan botol miras oleh para pejabat. 

“Penindakan sejak tahun 2015 sampai 2018. Ini yang paling banyak tahun 2018,” kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang, Iwan Hermawan, Selasa (15/1/19).

baca juga : Gejala Putus Zat Juga Terjadi Pada Orang Yang Berhenti Merokok

Rincian barang yang dimusnahkan yaitu rokok jenis sigaret kretek mesin berbagai merek 6,9 juta batang, rokok jenis sigaret kretek tangan 3.444 batang, tembakau jenis iris 712 bungkus, dan minuman mengandung Etil Alkohol berbagai merek dan golongan sebanyak 45 botol.

“Potensi kerugian negara di bidang cukai dari barang tersebut sejumkah Rp 3.012.507.745. Dihitung dari potensi nilai cukai ditambah potensi PPN dan pajak rokok,” ujarnya.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang memiliki cakupan di Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga. Barang bukti yang dikumpulkan tersebut paling banyak dari penindakan saat pengangkutan yang melintas di wilayah-wilayah itu.

baca juga : Polsek Penjaringan Tangkap Pencuri Spesialis Rumah Mewah

“Rokok sendiri paling banyak justru penindakan dari pengangkutan, kita ada enam daerah dan merupakan daerah perlintasan sentra produksi bahkan yang melintasi pulau. Ada yang truk, ada yang kendaraan pribadi, bahkan bus antar kota antar provinsi. Rata-rata ke Sumatera, biasanya ke sentra transmigrasi,” jelas Iwan.

“Ini tanpa cukai dan ada yang ditempeli kertas seolah cukai,” imbuhnya.

Setelah pemusnahan simbolik, berikutnya jutaan batang rokok yang dibawa menggunakan sejumlah truk dibawa ke tempat pembuangan akhir Jati Barang Semarang dan dilakukan pemusnahan dengan cara dikubur.

Iwan menambahkan, kegiatan penindakan bidang cukai menjadi kontributor tercapainya target Bea Cukai Semarang Rp 2,5 triliun dari target yang ditetapkan yaitu Rp 2,3 triliun di tahun 2018.

“Capaian melebihi target antara lain karena permintaan rokok yang bertambah sehingga permintaan pita cukai juga bertambah. Kemudian juga hasil dari edukasi, ada yang kini sudah sesuai dengan ketentuan,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top