Abnonku Kepulauan Seribu 2018 terpilih siap berkompetisi di Tingkat Provinsi – strategi.id
Nusantara

Abnonku Kepulauan Seribu 2018 terpilih siap berkompetisi di Tingkat Provinsi

Strategi.id - Finalis Abnonku Kabupaten Kepulauan Seribu 2018

Strategi.id – Lenggak-lenggok gemulai para peserta pasangan Abang dan None Buku (Abnonku) Kabupaten Kepulauan Seribu terlihat serasi saat itu. Peserta prianya mengenakan pakaian khas Betawi lengkap dengan kupiah. Sementara perempuannya mengenakan kebaya berwarna-warni ceria.

Masing-masing peserta pasangan Abnonku yang notabene merupakan generasi digital natives di Kepulauan Seribu itu sedang menjalani sesi parade di depan panggung aula Kantor Kabupaten Kepulauan Seribu.

Setelah berparade, masing-masing pasangan menanti pertanyaan-pertanyaan dari juri yang menguji pemahaman dan kemampuan mereka terkait masalah literasi. Sebelumnya mereka telah ditempa lewat sesi-sesi pertemuan dannpendampingan oleh panitia dan para mentor.

Ketika sesi tanya jawab berlangsung, banyak dari pasangan peserta yang mampu menjawat pertanyaan-pertanyaan juri secara meyakinkan. Dan beberapa diantaranya menjawab dengan grogi sehingga tidak fokus.

Kemudian sampailah juri menetapkan lima pasangan pemenang Abnonku Kabupaten Kepulauan Seribu 2018 yang diumumkan pada Rabu, (25/7/2018).

Urutan pemenang Abang Buku Kepulauan Seribu 2018 adalah:

– Juara I, Ihsan dari SMKN 61.
– Juara II, Gundar dari SMKN 61.
– Juara III, Asyraf dari SMAN 69.
– Harapan I, Nur Ilham dari MA PKU.
– Harapan II, Julianto dari MA PKU.

Sementara urutan pemenang None Buku Kepulauan Seribu 2018 adalah:

Juara I, Wenda dari MA PKU.
– Juara II, Sylvia Maharani dari SMAN 69
– Juara III, Denis Ismar dari SMAN 69.
– Harapan I, Indah P dari SMKN 61.
– Harapan II, Ninis dari SMAN 69.

Dalam kesempatan terpisah, Ari Imansyah dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusif) Provinsi DKI Jakarta, yang juga panitia pelaksana kegiatan Hanjaba Kepulauan Seribu 2018 menyebutkan, bahwa juara I, juara II, dan juara III Abnonku Kabupaten Kepulauan Seribu 2018 nantinya akan berkompetisi di tingkat provinsi DKI Jakarta menghadapi pemenang Abnonku dari wilayah Jakarta lainnya.

Pemerhati literasi anak dan remaja, Nanang Djamaludin, menekankan agar para pemenang Abnonku Kabupaten Kepulauan Seribu 2018, terus berlatih meningkatkan kemampuan dan keterampilan literasi dasarnya.

“Saya berpesan agar Abnonku Kabupaten Kepulauan Seribu 2018 terus berlatih dan mengupdate keterampilan di waktu yang tersisa ini sebelum menghadapi kompetisi di tingkat Provinsi,” ucapnya.

Sementara Denis Ismar, pemenang Juara III None Buku Kabupaten Kepulauan Seribu dengan mantap menyatakan kesiapannya untuk memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Saya siap berkompetisi dengan pemenang dari wilayah Jakarta lainnya di ajang Abnonku tingkat Provinsi,” tandas dara manis itu.[]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top