Adhi Karya menarget LRT Jabodebek Beroperasi Paling Cepat Akhir 2020 - strategi.id
BUMN

Adhi Karya menarget LRT Jabodebek Beroperasi Paling Cepat Akhir 2020

Strategi.id – PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) menarget, Light Rail Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek) dapat beroperasi secara komersial paling cepat di akhir 2020. Hingga akhir 2018, progres pengerjaan LRT Jabodebek mencapai 54,4 persen.

Direktur Operasi II Adhi Karya, Pundjung Setya Brata, menyampaikan bahwa pengerjaan konstruksi keseluruhan ditargetkan selesai di akhir 2019. Sementara pengerjaan depo ditarget selesai Maret 2020 karena saat ini terkendala pembebasan lahan.

“Proses (pembebasan lahan depo) yang sudah dibayar baru 33 bidang. Baru 33 bidang dari 300 bidang yang harus diselesaikan,” jelasnya saat ditemui di Pabrik Precast LRT Jabodebek, Pancoran, Jakarta, Senin (14/1/19).

baca juga : LRT Akan Beroperasi Setiap Hari dengan “Headway” 5 Menit

Oleh karena pengerjaan depo ditargetkan dapat dimulai Maret 2020, LRT Jabodebek baru bisa beroperasi komersial di akhir tahun 2020 atau di 2021. Nantinya 3 bulan sebelum depo selesai, pihaknya akan melakukan uji coba operasi kereta.

“Kalau depo (baru bisa dikerjakan) Maret 2019, depo makan waktu 1,5-2 tahun. Maka komersialnya ditarget akhir 2020 atau pertengahan 2021,” tegas Pundjung.

Pundjung menyebut, pihaknya memesan 31 rangkaian kereta atau trainset untuk LRT Jabodebek dari PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA. Adapun dalam 1 trainset terdiri dari 6 gerbong. Rencananya trainset akan mulai dikirim Juni 2019.

baca juga : Strategi Pemerintah Benahi Transportasi Jabodetabek

“Mulai Juni 2019, ini yang membuat INKA akan dikirim secara bertahap. Kereta api pertama dari INKA diharapkan di bulan Juni 2019 juga akan mulai tes track dari Cibubur sampai Ciracas,” kata Pundjung.

Adapun rute LRT Jabodebek terdiri dari 3 lintas, yakni lintas Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI merupakan investor dari proyek ini.

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Atas