Aksi Tukar Dolar Rp 25 T Ala Boy Thohir – strategi.id
Internasional

Aksi Tukar Dolar Rp 25 T Ala Boy Thohir

Strategi.id - Aksi Tukar Dolar Rp 25 T Ala Boy Thohir
Strategi.id - Aksi Tukar Dolar Rp 25 T Ala Boy Thohir

Strategi.id – Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir, membuat aksi terbaru dengan menukar transaksi perusahaan yang selama ini menggunakan dolar AS ke rupiah.

Tak tanggung-tanggung, total transaksi yang dikonversi diperkirakan mencapai US$ 1,7 miliar atau setara dengan Rp 25 triliun. Transaksi ini didapat dari kerja sama dengan mitra lokal seperti Pertamina, Pama, dan lainnya, Boy menyebut kebutuhan Dolar AS perusahaan dalam setahun ada di sekitar US$ 1,9 – 2 miliar.

“Penggunaan dolar kami kan pada dasarnya tidak terlalu banyak, karena kami kan berorientasi ekspor. Alat-alat kontraktor memang dirakit disini, tetapi komponennya kan impor,” jelas Boy kepada media saat menyampaikan penjelasan aksi perusahaan melakukan konversi Dolar AS ke Rupiah, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Langkah Boy ini diapresiasi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang turut hadir di kesempatan yang sama. Ia mengatakan, untuk melakukan konversi dan rupiah di Indonesia, didukung oleh Bank Indonesia (BI) sudah mengeluarkan mandatory untuk transaksi dalam negeri seharusnya memang sudah memakai rupiah.

Dijumpai di Kementerian Keuangan, Boy bercerita rencana ini bermula dari beberapa pekan lalu saat direksi Adaro bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. “Soal bagaimana kami berperan aktif sama pemerintah, untuk hasil dana devisa ekspor, kami bisa pakai dan pergunakan di dalam negeri dalam bentuk rupiah,” ujar Boy.

“Dalam konteks ini, beberapa eksportir kita memang masih menggunakan dolar untuk kewajiban mereka,” ucapnya.

Malah, bendahara negara ini semakin mendorong agar pengusaha dan eksportir lainnya melakukan konversi Dolar mereka ke Rupiah untuk membantu memperkuat mata uang rupiah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top