Aktivis 98 Jawa Barat Usulkan 3 Nama Kandidat Kabinet Jokowi-Maruf – strategi.id
Nusantara

Aktivis 98 Jawa Barat Usulkan 3 Nama Kandidat Kabinet Jokowi-Maruf

Strategi.id - Aktivis 98 Jawa Barat Usulkan 3 Nama Kandidat Kabinet Jokowi-Maruf

Strategi.id – Juru Bicara Aktivis 98 Jabar Eko Arif Nugroho menyatakan, sebagai pelaku sejarah demokrasi di Indonesia, Aktivis 98 berhimpun atas dasar keyakinan terhadap nilai-nilai demokrasi, sosial, toleransi, dan kemanusiaan yang dibangun melalui reformasi.

“Kami berada dalam nilai yang sama, yakni reformasi,” tegas Eko di sela-sela Halalbihalal Aktivis 98 Jabar di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (29/6/19).

Baca Juga : Alasan MK Menolak Gugatan Pelanggaran Pilpres

Oleh karenanya, lanjut Eko, untuk mewujudkan nilai-nilai yang diyakini tersebut sekaligus memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan bangsa dan negara, pihaknya bertekad menghibahkan aktivis terbaiknya ke dalam jajaran pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Kami berinteraksi cukup lama, kami juga punya kader potensial. Kami juga sudah menimbang-nimbang kapasitas, kualitas, dan integritas aktivis kami, termasuk sisi jaringannya, kami punya tiga nama kandidat untuk dihibahkan untuk pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin,” paparnya.

Ketiga nama kandidat yang diharapkan masuk ke dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf tersebut yakni akademisi Universitas Padjadjaran (Unpad) Muradi, staf khusus wakil presiden terpilih Rianto Adi Soemarno, dan pengusaha Furqan AMC.

“Menurut kami, ketiganya layak menjadi kandidat (menteri). Selain memiliki kapasitas dan integritas, ketiganya juga memiliki jaringan yang kuat dan sudah terlibat aktif dalam pemerintahan,” katanya. 

Namun, Eko menegaskan, harapan agar Aktivis 98 masuk ke dalam jajaran pemerintahan Jokowi-Ma’ruf bukan atas dasar kepentingan maupun keinginan pribadi, melainkan keinginan untuk mewujudkan nilai-nilai reformasi yang bakal terus diperjuangkan seluruh Aktivis 98.

Menurutnya untuk figur Furqan AMC dinilai memiliki kepiawaian dalam berwirausaha dibandingkan dengan alumni 98 lainnya. “Furqan cukup telaten membangun komunitas, usaha, di antara teman – teman yang sukses dalam usaha,” ungkapnya .

Baca Juga : Jokowi : Aktivis 98 Punya Peluang Jadi Mentri ,Pejabat BUMN dan Duta Besar

Eko menjelaskan bahwa untuk figur Rian Andi Sumarno dianggap telah menekuni karir hingga sampai ke istana, serta aktif dalam suksesi politik dan mampu mengelola jaringan. 

“Rian mempunyai kapasitas politik dan jaringan, dalam kasus pemilu kemarin, cukup bisa membawa dia berinteraksi lebih jauh. Ia juga sudah terlibat di pemerintahan,” ujarnya.

Baca Juga : Golkar Memanas,Ada Apa Dibalik Pencabutan Dukungan Golkar DKI Jelang Munas?

Sementara untuk figur Muradi, layak dipertimbangkan, karena jenjang politiknya yang aktif di tingkat Provinsi maupun Nasional. “Muradi terlibat di beberapa kebijakan pemerintah, jadi bukan hal asing untuk pemerintahan ke depan. Jadi saya kira jaringan besar yang dibangun juga memadai,” katanya

Ditempat yang sama Muradi menjelaskan bahwa dirinya selama 20 tahun beraktivitas di kampus, biasa ditugaskan. Sehingga ketika diminta menjadi lokomotif buat teman-teman, ia juga siap ditugaskan.

“Amanat ini adalah jalur yang pas bagi kami dalam mendapatkan ruang untuk mengekspresikan nilai—nilai yang kami yakini demokrasi, kemanusiaan, toleransi, dan keadilan sosial ,” terang Muradi disela Halal bi Halal Idul Fitri 1440 Hijriah Aktivis 98 Jawa Barat di Hotel Savoy Homan, Jln. Asia-Afrika, Kota Bandung, Sabtu (29/6/19)

Kegiatan Halal Bihalal aktivis 98 dihadiri sekitar 300 aktivis 98 Jawa Barat. Kegiatan ini diisi orasi politik oleh mengenang kawan seperjuangan, orasi budaya, prolog, dan ditutup dengan deklarasi bersama

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top