AKU Semakin Kagum dengan Bung Karno - strategi.id
Dialektika

AKU Semakin Kagum dengan Bung Karno

Strategi.id – Ketika Perdebatan tentang hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945, yang banyak disampaikan para pengamat maupun elit Politik yg terburu-buru mau ngomong, kendati mungkin “MISKIN” kajian tentang hal tsb, membuatku semakin yakin, bahwa Referensi yg paling tepat adalah apa yg disampaikan oleh Bung Hatta, seorang Pahlawan dan Tokoh Proklamator yg terkenal Sangat Jujur, Rendah hati, dan sangat Religius itu.

Selain tentunya beliau memang ikut dalam Panitia BPUPK th 1945, juga sebagai Ketua “Panitia Lima” yang dibentuk oleh Presiden Soeharto pada bulan Januari 1975. Untuk meluruskan kembali jalan hari Lahirnya Pancasila.

Dalam Pidato Bung Hatta saat beliau mendapat Gelar Doktor Honoris Causa Dalam Bidang Hukum di Universitas Indonesia tahun 1975, Bung Hatta mengatakan :

“Seperti diketahui, Pancasila Lahir pada tanggal 1 Juni 1945, dalam Sidang Panitia Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia, sebagai Intisari Pidato Bung Karno, yang diucapkannya sebagai jawaban atas pertanyaan Ketua Panitia dr.K.R.T. Radjiman Wedioningrat…”(Bung Hatta).
Jakarta, 30 Juni2020

Penulis: Dr.USMAR SE,MM

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top