Alta Devices menetapkan rekor efisiensi konversi sel surya GaAs - strategi.id
Teknologi

Alta Devices menetapkan rekor efisiensi konversi sel surya GaAs

sel surya GaAs

Strategi.id – Produsen PV Alta Devices Spesialis Gallium arsenide (GaAs), anak perusahaan Hanergy Group, telah mencapai rekor efisiensi konversi sel surya GaAs terbaru yaitu sebesar 28,9%, dan telah disertifikasi oleh NREL (National Renewable Energy Laboratory).

Baca Juga : Dibuka Rp13.885, Rupiah Berpotensi Menguat Karena THR

Alta Devices sekarang menjadi pemegang rekor dunia untuk efisiensi sel surya GaAs. Perusahaan ini menggunakan proses deposisi uap kimia logam (MOCVD) serta teknik pengangkatan epitaksi (ELO), yang menciptakan sel surya tipis, fleksibel, dan ringan untuk pengaplikasian yang lebih mudah dan sesuai.

Salah satu pendiri Alta Devices, Profesor Harry Atwater dari Caltech mengatakan, “Mencapai rekor baru untuk kelas perangkat ini adalah sesuatu yang penting. Fakta bahwa Alta memecahkan rekornya sendiri juga penting karena banyak tim lain yang secara aktif berusaha memecahkan rekor ini. ”

Baca Juga : JK: Presiden Tak Berwenang Tanggapi Keberatan RKUHP dari KPK

Sel baru ini dianggap sebagai yang pertama mendasarkan proses pada ‘Ekstraksi Luminescence Internal’, yang akhirnya membawa Alta mendapatkan rekor baru.

Ekstraksi luminescence adalah pelepasan foton internal keluar dari permukaan depan sel surya dan meminimalkan emisi keluar dari permukaan belakang untuk meningkatkan efisiensi konversi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top