Anak-Anak di Tiga RPTRA Jakut Terpana dan Gembira dihibur Pendongeng - strategi.id
Nusantara

Anak-Anak di Tiga RPTRA Jakut Terpana dan Gembira dihibur Pendongeng

Strategi.id - Anak-Anak di Tiga RPTRA Jakut Terpana dan Gembira dihibur Pendongeng
Strategi.id - Anak-Anak di Tiga RPTRA Jakut Terpana dan Gembira dihibur Pendongeng

Strategi.id – Jaringan Anak Nasional (JARANAN) menerjunkan tiga pendongengnya di tiga RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) berbeda di wilayah Jakarta Utara pada Jumat (15/3/19), kemarin.

Pendongeng yang diturunkan mendongeng untuk anak-anak PAUD/TK dan SD kelas rendah di sekitaran RPTRA itu adalah Muniroh (Kak Mumun) di RPTRA Satria Biru Kecamatan Cilincing. Desi Azhari (Teh Desi) di RPTRA Taman Sena Kecamatan Cilincing. Serta Zulfari Sandi (Mami Sandi) di RPTRA Kamal Muara Kecamatan Penjaringan.

Baca juga : Mendongeng di 25 RPTRA Jakarta Utara Kembali Digelar

Kak Mumun yang mendongeng di hadapan 75 murid PAUD Mawar 17 dan anak-anak di sekitaran RPTRA membawakan dongeng berjudul Abi Gemar Membaca Buku. Anak-anak itu terpana oleh dongeng dan cerita yang disampaikan kak Mumun yang membawa bonekanya bernama Koko Jabrik.

“Jadi kalian semua harus menjadi anak yang selalu riang, ingat kepada Allah dalam setiap aktivitas yang dilakukan, suka membantu orang lain, dan gemar membaca buku dimanapun kalian berada,” pesan Kak Mumun di akhir ceritanya.

Sementara Teh Desi sebelum mendongeng, ia mengajak murid-murid TK Kartika yang menjadi peserta untuk bersenam dan bermain mozaik secara berkelompok. Anak:anak itu pun pun terlihat senang dan bergembira.

Dengan menampilkan tokoh burung pipit dalam dongengnya, Teh Desi mengakhiri cerita dongengnya dengan meminta anak-anak menjadi anak yang rajin membaca buku.

“Dengan rajin membaca buku maka kalian akan menjadi orang yang dan berpengetahuan luas dan bisa berguna buat orang lainnya,” serunya.

Sedangkan Mami Sandi membuat games seru sebelum memulai aksi dongengnya. Ia meminta anak-anak untuk menulis cita-citanya di kertas origami. Lalu kertas itu dilipat seunik mungkin. Dan anak yang bisa melipat dengan keren diberi hadiah.

Baca juga : 25 Pendongeng diterjunkan ke 25 RPTRA di Jakarta Utara Maret ini

Menurut Direktur Eksekutif JARANAN Nanang Djamaludin, di bulan ini sejak Kamis 14 Maret lalu pihaknya telah menugaskan para pendongeng yang ada di dalam Tim Dongeng Literasi (Tidolit) JARANAN ke RPTRA-RPTRA. Tujuannya, menanamkan nilai-nilai positip dan mulia pada anak-anak sekaligus membuat mereka.

“Sehari sebelumnya, kami telah terjunkan seorang pendongeng di RPTRA Tri Putra Persada Hijau. Hari ini kami tugaskan tiga pendongeng. Sampai akhir Maret nanti, ada 25 RPTRA yang disambangi 25 pendongeng Tidolit JARANAN lewat kegiatan Story Telling di RPTRA,” jelas Nanang Djamaludin yang juga Konsultan keayahbundaan dan perlindungan anak.

Kegiatan itu, lanjutnya, merupakan kerjasama Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Utara (Sudin Pusip Jakut) dan JARANAN.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top