Asupan Ini Mengandung Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk - strategi.id
Merah Putih

Asupan Ini Mengandung Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk

Strategi.id - Asupan Ini Mengandung Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk

Strategi.id – Jeruk merupakan pilihan di urutan pertama jika menginginkan asupan vitamin C yang cukup. Namun ternyata terdapat buah dan sayuran lainnya yang mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk.

Nggak cuman kaya akan vitamin C, buah dan sayuran ini juga memiliki nutrisi yang kompleks mulai dari bermacam vitamin, kandungan serat sampai asam folat.

Berikut jenis asupan yang memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dari jeruk dilansir dari detikHealth dari berbagai sumber.

Baca juga : Makanan Superfood untuk Kesehatan Tubuh, Kamu bisa coba

1. Stroberi

Dibandingkan dengan 70 mg vitamin C dalam jeruk, satu buah stroberi mengandung 10,5 mg vitamin C. Jadi jika kamu mengonsumsi stroberi sebagai camilan setidaknya tujuh buah, kamu akan mendapatkan asupan vitamin C lebih banyak dari satu buah jeruk. Selain itu, stroberi mengandung magnesium dan asam folat dalam jumlah besar yang dapat membantu menstabilkan gula darah dan menjaga kesehatan jantung.

2. Brokoli

100 gram brokolo mengandung lebih dari 89 mg vitamin C, hampir setara dengan anjuran perhari yakni 90 mg. Selain mendapat asupan vitamin C yang cukup, kamu juga bisa mendapat vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang dan pembekuan darah yang tepat.

3. Paprika

Paprika merah, hijau dan kuning mengandung hampir tiga kali lipat vitamin C dari jeruk. Mengandung 95,7 mg untuk paprika hijau, 152 mg untuk paprika merah, dan 341 mg untuk paprika kuning. Paprika juga merupakan sumber serat dan makanan ringan yang sangat rendah kalori. 

4. Kiwi

Satu porsi buah ini, atau sekitar dua buah kiwi mengandung 168,8 mg vitamin C. Buah super ini juga kaya akan zinc, kalium dan serotonin atau hormon yang bisa meningkatkan kualitas tidurmu. Jadi nggak ada salahnya memilih kiwi sebagai camilan malam hari.

5. Brussels sprouts

Secangkir brussel sprouts mengandung lebih dari 96,8 mg vitamin C. Sayuran ini juga memiliki fitonutrien dan serat yang membantu mencegah kanker. Kalau terasa terlalu pahit, kamu bisa mengolahnya dengan cara dipanggang untuk mengeluarkan rasa manis alaminya.

Baca juga : Tak Hanya Baik untuk Mata, Ini Manfaat Wortel yang Bisa Kamu Coba

6. Kale

Kale mengandung sekitar 80,4 mg vitamin C. Selain itu, sayuran hijau ini memiliki dua kali nilai vitamin A yang direkomendasikan dan vitamin K yang sangat melimpah sehingga sayuran ini sangat baik untuk kesehatan tulang. Jangan lupakan kandungan mineral dan asam lemak dalam kale yang juga sangat banyak.

7. Nanas

Selain 78,9 mg vitamin C per cangkir, buah tropis berair ini mengandung bromelain, yang membantu pencernaan dan mengurangi kembung. Nanas juga dapat menjadi anti-inflamasi alami yang dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan setelah latihan atau cedera.

8. Pepaya

Satu porsi pepaya mengandung 86,5 mg vitamin C. Selain itu, nutrisi dalam pepaya juga dapat membantu memperkuat tulang, mengurangi peradangan, mencerahkan kulit, dan membersihkan sinus.

9. Kembang kol

Kembang kol tidak hanya penuh dengan serat, tetapi juga terdapat 123 mg vitamin C perbuahnya. Mau diolah dengan cara apapun, nutrisi dalam kembang kol tetap terjaga. 


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top