Aturan Main Debat Perdana Capres 2019 – strategi.id
Nusantara

Aturan Main Debat Perdana Capres 2019

Strategi.id - Serangan Kubu Prabowo-Sandi, Untungkan Jokowi-Ma'ruf (sumber photo : netralnews.com)
Strategi.id - Aturan Main Debat Perdana Capres 2019

Strategi.id- Debat perdana Capres 2019 digelar Komisi Pemilihan Umum ( KPU) pada Kamis (17/01/19) malam ini. Debat yang akan dimulai pada pukul 20.00 WIB dan disiarkan langsung oleh empat lembaga penyiaran, Kompas TV, TVRI, RTV dan RRI.

Tempat penyelenggaraan debat yaitu Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Peserta debat perdana adalah pasangan capres cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Tema yang diangkat yaitu hukum, HAM, terorisme dan korupsi.

Baca Juga : Kasus Pelanggaran HAM Menjadi Topik Krusial Dalam Debat Capres

Debat perdana Capres ini akan dipandu oleh dua orang moderator, mantan jurnalis Ira Koesno dan jurnalis senior Imam Priyono. Disediakan waktu selama 89 menit 55 detik dalam penyelenggaraan debat pertama. Nantinya, debat akan dibagi ke dalam enam segmen.

Segmen pertama, penyampaian visi-misi pasangan calon presiden dan wakil presiden. Disediakan waktu selama 23 menit 15 detik untuk kedua pasangan calon memaparkan visi-misi mereka ke hadapan publik.

Segmen kedua dan ketiga adalah debat dengan metode pertanyaan terbuka. Waktu yang disediakan sekitar 31 menit. Dalam segmen itu, moderator debat akan menyampaikan pertanyaan kepada paslon, yang mana paslon sebelumnya telah mendapat kisi-kisi pertanyaan dari KPU. Masing-masing paslon akan diberi 1 pertanyaan dari setiap tema. Segmen keempat dan kelima adalah debat dengan metode pertanyaan tertutup. Waktu yang dialokasikan dalam segmen ini sekitar 26 menit.

Metode ini memberikan kesempatan kepada pasangan calon memberikan pertanyaan ke pasangan calon lainnya. Segmen terakhir adalah pernyataan penutup (closing statement). Alokasi waktu untuk segmen ini 11,30 menit.

Khusus debat capres kali ini, KPU RI membuat terobosan baru mengenai format pertanyaan yang akan diberikan kepada kedua paslon. Mereka membagi ke dalam dua bagian, yakni format pertanyaan terbuka dan tertutup.

Namun, sebetulnya hal itu tak berbeda jauh dari penyelanggaan debat pada pilpres 2009 dan 2014 yang dibagi dalam dua sesi. Yakni pertanyaan dari moderator dan segmen selanjutnya masing-masing paslon akan saling melempar pertanyaan untuk dijawab.

Baca Juga : Kisi-kisi Debat Capres diserahkan KPU, Timses Tak Boleh Bocorkan

Lalu, ada juga yang membedakan dari debat capres sekarang dengan dua pelaksanaan pipres sebelumnya. Kali ini, setiap paslon akan diberikan daftar pertanyaan untuk format pertanyaan terbuka sebelum debat dimulai. Hanya saja, setiap paslon tak tahu pertanyaan apa saja yang nantinya akan diajukan dari 20 pertanyaan yang diberikan.

Pada debat perdana setiap paslon akan mendapatkan satu pertanyaan dari panelis sesuai tema debat. Jadi, kedua paslon akan mendapat empat pertanyaan masing-masing satu bertema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Masing-masing akan diberi waktu tiga menit untuk menjawab pertanyaan.

Untuk mengatur debat berjalan kondusif, KPU membatasi undangan penonton debat hanya untuk 500 orang. Undangan tersebutlah yang nantinya diperbolehkan masuk ke arena debat.

Baca Juga : Fakta Persiapan Debat Pilpres Perdana 17 Januari 2019

Adapun tamu undangan KPU di antaranya, para tokoh bangsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, tokoh pemuda, budayawan, mahasiswa hingga pegiat. KPU juga mengundang Presiden RI ke-3 B. J. Habibie, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Termasuk, KPU juga mengundang seluruh mantan wakil presiden RI.

Di luar tamu undangan, massa pendukung diperbolehkan hadir ke lokasi, tetapi tidak diizinkan masuk ke arena debat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top