Bahan Kimia Berbahaya di Amankan Polres Pulau Buru – strategi.id
Nusantara

Bahan Kimia Berbahaya di Amankan Polres Pulau Buru

Strategi.id - Bahan Kimia Berbahaya di Amankan Polres Pulau Buru

Strategi.id – Polres Pulau Buru mengamankan bahan kimia berbahaya Jhin chan sekitar 25 kilo gram per sak yang totalnya sekitar 300 sak di Dermaga kota Namlea, Kabupaten Buru.

Jhin Chan itu ditemukan dalam inspeksi mendadak oleh petugas Polres pulau buru atas perintah Kapolres Buru AKBP Adityanto budi satrio, Pada Sabtu pagi (18/08), berdasarkan laporan masyarakat.

“Saya secara pribadi maupun kelembagaan memberikan apresiasi kepada institusi pihak kepolisian pulau buru karena pada tanggal 18 Agustus sehari pasca 73 tahun kita merayakan kemerdekaan republik Indonesia, kecemasan publik terkait dengan beredarnya bahan kimia berbahaya secara bebas di kabupaten buru sudah mampu di atasi oleh institusi kepolisian resort Pulau buru, parlemen jalanan memberikan apresiasi penuh kepada kinerja polres Buru karena telah menjawab kecemasan publik.

Strategi.id - Hamsi Batuatas, pengurus parlemen jalanan (Foto: Akbar buamona)

Strategi.id – Hamsi Batuatas, pengurus parlemen jalanan (Foto: Akbar buamona)

Parlemen jalanan juga menilai bahwa prestasi yang luar biasa patut kita berikan kepada institusi kepolisian resort pulau buru karena telah menangkap peredaran bahan kimia berbahaya merek Jhin Chan dapat membahayakan ekosistem hutan yang ada di Kabupaten Buru dan akan berdampak juga pada kehidupan bermasyarakat setempat”. Hamis Batuatas, Pengurus Parlemen Jalanan, Selasa (21/08/18).

Dalam Siaran Pers (Parlemen jalanan) polres pulau buru sudah mampu menjalankan posisi institusi yang tertuang dalam UU no 2 tahun 2002 tentang pengayom dan pelindung masyarakat.

“Pada tanggal 18 agustus 2018 kemarin kinerja pihak kepolisian Resort Pulau Buru sangat baik, yang dimana mereka menahan bahan kimia berbahaya jenis Jhin chan dengan ukuran 25Kg per sak dengan totalnya 300 sak maka total bahan kimia berbahaya merek jhican yang masuk Kabupaten Buru, pada tanggal 18 agustus kemarin sebesar 750Kg bahan kimia berbahaya masuk pada 18 kemarin di Kabupaten Buru.

Jenis bahan kimia berbahaya asal pabrikan Cina ini dari hasil investigasi parlemen jalanan melihat bahwa merek bahan kimia berbahaya dengan nama Jhin chan yang masuk ke Kabupaten Buru ini mulai beroperasi dari tahun 2014 jadi setiap bulan mereka sudah memasukan 7 setengah ton berarti dari tahun 2014 sampai 18 Agustus 2018 sudah berapa banyak bahan kimia berbahaya yang di masukan oleh para penambang yang beroperasi di kabupaten buru, ini sudah sangat urgent mengancam eksistensi kelangsungan hidup masyarakat kabupaten Buru dari bayang-bayang bahan pengerusak lingkungan yang sangat berbahaya tersebut”.Ujarnya

Oleh karena itu prestasi kepolisian harus di tingkatkan, selanjutnya bagi kami parlemen jalanan pihak kepolisian tidak berhenti pada tanggal 18 Agustus, terkait dengan penangkapan 300 sak bahan kimia berbahaya jenis Jhin Chan tersebut. Tetapi oknum yang mendatangkan bahan kimia Jhin Chan harus segera di proses sesuai dengan koridor hukum yang berlaku sehingga kecemasan publik ini dapat terjawab kepada institusi kepolisian resort pulau buru, harapan kami dari Parlemen Jalanan pihak kepolisian serta jajarannya bisa lebih intens untuk bekerja lebih baik terkait dengan peredaran bahan kimia berbahaya yang telah beredar lama di kabupaten buru. Ujarnya (Akbar buamona)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top