Bajingan Manis Khas Makanan dari Temanggung - strategi.id
Merah Putih

Bajingan Manis Khas Makanan dari Temanggung

Bajingan Manis Khas Makanan dari Temanggung
Bajingan Manis Khas Makanan dari Temanggung

Strategi.id – Selain terkenal dengan tembakau srinthil dan kopi, Temanggung juga memiliki banyak makanan khas, salah satunya bajingan. Meskipun namanya terdengar kasar, bajingan memiliki tekstur yang halus dan rasa yang manis.

Bahan dasar makanan unik ini adalah singkong berkualitas, dimasak dengan gula merah, santan kental, dan daun pandan.

Sri Jariati, seorang warga lokal Temanggung pembuat bajingan, menuturkan tidak semua jenis singkong dapat diolah menjadi makanan unik itu. Hanya singkong empuk yang dapat dipilih sebagai bahan baku.

Baca Juga : Makanan Desa Asal Indonesia Tembus Mancanegara

“Biar bisa enak, harus singkong yang mempur. Tidak bisa singkong sembarangan,” tutur Sri , Jumat (8/2/19) .

Menurut dia, singkong empuk dapat diperoleh dari petani atau pedagang tangan pertama. Biasanya, hanya ketela pohon di area subur seperti sawah atau ladang dengan curah hujan cukup, yang mampu menghasilkan bahan baku bajingan berkualitas tinggi.

Sri juga memperingatkan untuk tidak sembarangan membeli bahan baku bajingan. Jika tidak beruntung, kita bisa mendapat singkong yang keras dan alot.

Baca Juga : Nama-nama Kepanjangan Makanan Kuliner

“Kalau enggak tahu, langsung beli di pasar, bisa jadi dapat singkong yang ngganyong. Nanti bajingan bisa-bisa keras dan tidak enak,” katanya.

Ia menambahkan, meskipun bercita rasa manis, garam tetap diperlukan dalam proses pembuatan. Hal itu agar makanan terasa lebih gurih.

Bajingan sendiri memiliki makna sejarah dan merupakan makanan mewah pada zamannya. Bajingan dulu disajikan bagi para penarik gerobak tradisional di Temanggung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top