Bandara di Indonesia yang Masuk Daftar Terbaik Dunia - strategi.id
Kabar Baik

Bandara di Indonesia yang Masuk Daftar Terbaik Dunia

Bandara di Indonesia yang Masuk Daftar Terbaik Dunia

Strategi.id – Bandara di Indonesia di bawah naungan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II masuk dalam jajaran bandara terbaik Dunia.

Bandara-bandara ini berhasil mendapatkan penghargaan “Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017” dari Airports Council International (ACI)Award diberikan di Halifax-Canada pada 12 September 2018.

Ketiga bandara Angkasa Pura I yang meraih penghargaan ASQ Awards 2017 adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan tiga penghargaan, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Juanda Surabaya. Sementara bandara yang dikelola Angkasa Pura II yang meraih penghargaan adalah Bandara Hussein Sastranegara, Bandung.

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Peringkat pertama Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun. Selain itu, juga mendapatkan  peringkat kedua Bandara Terbaik di Asia-Pasifik berpenumpang di atas 2 juta orang per tahun), atau Bandara Terbaik di Asia-Pasifik (kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun).

2.  Bandara Juanda Surabaya

Bandara Juanda mendapat peringkat ketiga Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun.

3. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

Bandara SAMS Balikpapan juga mendapatkan peringkat kedua Bandara Terbaik di Dunia, dalam kategori bandara berpenumpang 5-15 juta orang per tahun.

4. Bandara Husein Sastranegara, Bandung

Bandara terakhir yang mendapatkan peringkat ketiga, adalah Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 2-5 juta orang per tahun.

ASQ Awards merupakan penghargaan tahunan tertinggi bagi bandara-bandara dengan tingkat pelayanan terbaik di dunia yang dilakukan oleh ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan global yang berbasis di Montreal, Kanada.

Penilaian ASQ Awards dilakukan berdasarkan survei kepuasan terhadap layanan bandara. Sekitar 600 ribu orang pengguna jasa bandara menjadi partisipan survei ini setiap tahunnya. Sejak 2006, ASQ telah melakukan pengukuran kepuasan pengguna jasa bandara, dengan lebih dari 340 bandara yang berpartisipasi di 85 negara.

Metodologi ilmiahnya, prosedur kontrol kualitas yang ketat, dan komitmen terhadap ketidakberpihakan menjadikan survei ASQ sebagai standar global untuk mengukur kepuasan pengguna jasa.

“Bandara adalah bisnis yang kompleks, yang menawarkan berbagai macam produk dan layanan kepada miliaran penumpang yang bepergian melalui bandara setiap tahun. Dalam lanskap industri yang cepat berubah ini, ACI menyediakan alat ukur dan informasi manajemen untuk lebih memahami pandangan pengguna jasa dan apa yang mereka inginkan.

Bandara mengakui betapa pentingnya meningkatkan ‘customer experience’ karena para penumpang yang selalu menuntut pelayanan yang lebih baik,” kata Direktur Jenderal ACI World Angela Gittens.

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 5 =

Atas