Bandara Internasional Yogyakarta Punya Kereta Api Khusus Bandara – strategi.id
Infrastruktur

Bandara Internasional Yogyakarta Punya Kereta Api Khusus Bandara

kereta api khusus

Strategi.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mulai mengoperasikan Kereta Api Khusus Bandara Internasional Yogyakarta pada 6 Mei 2019 lalu, dengan Rute Stasiun Maguwo – Wojo PP yang memiliki pemberhentian di empat stasiun yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo.

KA ini menempuh jarak 49,1 kilometer dengan durasi perjalanan selama 47-51 menit. Sesampainya di Stasiun Wojo, penumpang dapat menggunakan Bus Damri untuk menuju Bandara Internasional Yogyakarta yang berjarak enam kilometer, dan dapat ditempuh kurang lebih selama 10 hingga 12 menit.

kereta api khusus

Jadwal perjalanan kereta api khusus bandara

Untuk sekarang, jadwal perjalanan KA Bandara Internasional Yogyakarta adalah berangkat pukul 10.40 di Stasiun Maguwo, pukul 10.52 di Stasiun Yogyakarta, pukul 11.15 di Stasiun Wates dan tiba di Stasiun Wojo pukul 11.26.

Kemudian, dari Stasiun Wojo berangkat pukul 14.04, Stasiun Wates 14.47, Yogyakarta 14.46 dan tiba di Stasiun Maguwo pukul 14.55.

Kedepannya, jadwal ini akan menyesuaikan dengan jadwal penerbangan dan permintaan penumpang.

Tarif KA Bandara Internasional Yogyakarta

Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan KA Bandara Internasional Yogyakarta, KAI memberikan tarif promo sebesar Rp15.000 untuk keberangkatan 6-9 Mei 2019.

Sesudah masa promo, tarif KA Bandara Internasional Yogyakarta sama dengan tarif KA Solo Ekspress yaitu Rp30.000 untuk 0-66 kilometer dan Rp40.000 untuk jarak lebih dari 66 kilometer.

Sedangkan untuk bus menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Perum Damri masih menggratiskannya hingga 12 Mei 2019, setelahnya akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000.

Rute sementara KA Bandara

Rute KA Bandara Internasional Yogyakarta ini juga merupakan rute sementara sambil menunggu pembangunan jalur KA dari Stasiun Kedundang menuju Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta selesai. Jika sudah selesai, penumpang dapat langsung turun di Bandara, tanpa perlu berpindah moda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top