Banyak Peserta CPNS Tak Lulus SKD, BKN Tidak Menurunkan Passing Grade – strategi.id
Nusantara

Banyak Peserta CPNS Tak Lulus SKD, BKN Tidak Menurunkan Passing Grade

Strategi.id - Banyak Peserta CPNS Tak Lulus SKD, BKN Tidak Menurunkan Passing Grade

Strategi.id -Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana akhirnya buka suara terkait banyaknya peserta CPNS 2018 tak lolos SKD.

Bima Haria Wibisana juga mengemukakan bahwa keputusan untuk menurunkan passing grade di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tidak akan dipilih.

Hal ini disampaikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam wawancara yang ditayangkan melalui akun Facebook Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia pada Rabu (14/11/2018).

Bima mengatakan bahwa saat ini jumlah peserta yang lolos secara nasional sekitar 13 persen. Namun ada perbedaan antara peserta CPNS yang lolos SKD di pusat dan daerah.

Baca Juga : Peserta Tes SKD CPNS Bawa Jimat, Ini Kata BKN

Saat ditanya soal passing grade SKD CPNS 2018, Bima mengatakan bahwa tidak berbeda dengan tahun lalu.

Sebagaimana kita tahu, agar dapat lulus SKD peserta CPNS 2018 harus melampaui ambang batas atau passing grade yang telah di tentukan.

Soal itu terdiri dari 100 soal yang diberikan, 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai minimal 75. Kemudian soal Tes Intelegensia Umum (TIU) dengan nilai minimal 80, dan 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai minimal 143.

Lantas bagaimana langkah yang akan diambil oleh Panselnas CPNS 2018 saat banyak sekali peserta yang tidak lolos tes SKD?

Langkah pertama yang akan dilakukan adalah tetap meneruskan proses CPNS 2018 bagi peserta yang lulus.

“Kita akan meneruskan apa yang menjadi hasil dari tes sekarang ini, jadi yang sudah lulus akan terus mengikuti tes berikutnya,” kata Kepala BKN.

“Bagaimana dengan formasi-formasi yang kosong karena banyak peserta yang tidak lulus? Dalam pembicaraan yang sedang sekarang dilakukan mungkin kita tidak akan menurunkan passing grade karena ini sudah minimum.”

“Karena kalau kita turunkan kita khawatir akan mendapatkan PNS yang tidak memiliki kompetensi.”

Baca Juga : Sembilan Syarat Menjadi CPNS Tahun 2018

“Cara lain adalah kita akan melakukan perangkingan dari total skor karena total skor itu banyak yang tinggi tapi salah satunya tidak memenuhi passing grade.”

“Ini alternatif yang sedang kami simulasikan, mudah-mudahan dalam minggu ini kita bisa mengeluarkan kebijakan yang baru untuk memenuhi kebutuhan pelayanan publik di daerah terutama guru dan tenaga kesehatan,”ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top