Begini Valuasi Saham Emiten Sinar Mas, setelah Eka Tjipta Widjaja Tutup Usia – strategi.id
Nusantara

Begini Valuasi Saham Emiten Sinar Mas, setelah Eka Tjipta Widjaja Tutup Usia

Strategi.id - Begini Valuasi Saham Emiten Sinar Mas, setelah Eka Tjipta Widjaja tutup usia (foto : Is)
Strategi.id : Begini Valuasi Saham Emiten Sinar Mas, setelah Eka Tjipta Widjaja tutup usia (Foto : Is)

Strategi.id – Pengusaha sekaligus pemilik konglomerasi Grup Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja tutup usia pada hari Sabtu, (26/01/19). Kepergian sang pemilik meninggalkan gurita bisnis yang luar biasa besar dan sebagian perusahaan besar milik Eka Tjipta melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Tercatat ada 10 perusahaan milik Eka Tjipta yang melantai di BEI dan beberapa diantaranya aktif ditransaksikan investor. Bagaimana valuasi harga saham emiten-emiten yang tergabung dalam kelompok usaha Sinar Mas tersebut.

Dilansir dari cnbcindonesia.com Jika dilihat dari price to earning (PE) ratio dan price to book value (PBV) maka saham PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) boleh dibilang paling murah. Berdasarkan data refinitiv, PE saham DSSA sebesar 7,09x dan PBV sebesar 0,59x pada harga saham saat Rp 380/unit.

baca juga : Bawaslu Tak Bisa Usut Dugaan Kampanye Libatkan Cucu Jokowi

Lalu saham PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) memiliki PE sebesar 7,93x dan PBV sebesar 1,38 kali. Kemudian saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) punya PE sebesar 8,62x dan PBV sebesar 1,08x.

PE adalah alat utama penghitungan harga saham suatu perusahaan dibandingkan dengan pendapatan perusahaan. Hasil ini mengindikasikan berapa besar investor bersedia membayar setiap rupiah atas pendapatan perusahaan tersebut.

Sementara PBV adalah indikator fundamental yang banyak digunakan oleh investor maupun analis untuk mengetahui nilai wajar saham. Indikator ini didapat dengan membagi harga saham yang ada di pasar saham dengan nilai book value dari saham tersebut.

baca juga : Erick Thohir Lepas Saham Inter Milan, Uangnya Buat Kampanye Jokowi?

Sementara itu, saham Grup Sinar Mas yang divaluasi yang mahal adalah saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN), di mana refinitiv tidak menampilkan besaran PE saham ini dan PBV tercatat sebesar 1,78x. 

Lalu saham PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) PER nya sudah berada di level 35,23x dan PBV sebesar 2,64. Perusahaan ini memberika layanan keuangan untuk bisnis korporasi termasuk mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta perorangan. Bisnis ini mencakup perbankan, asuransi, pembiayaan nasabah, serta manajemen aset.

Demikian pula dengan saham PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), valuasinya relatif sudah mahal dengan PE 28,07x dan PBV sebesar 1,66 kali. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top