Bendungan Gondang Terisi Air Penuh pada Oktober 2019 – strategi.id
Infrastruktur

Bendungan Gondang Terisi Air Penuh pada Oktober 2019

Bendungan Gondang Terisi Air Penuh pada Oktober 2019
Bendungan Gondang Terisi Air Penuh pada Oktober 2019

Strategi.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gondang yang berlokasi di Sungai Garuda, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, pada Kamis (2/5/19).

Konstruksi Bendungan Gondang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk sejak 30 Mei 2014 dengan nilai kontrak Rp 595 miliar. Pengerjaan meliputi pembangunan coverdam, inletterowongan, outlet terowongan, bendungan utama, spillway, tower intake, landscaping, dan mekanikal elektrikal.

Baca Juga : Resmikan Bendungan Gondang, Jokowi Sebut Hadiah untuk Karanganyar

Direktur Operasi III PT Waskita Karya (Persero) Tbk Fery Hendriyanto mengungkapkan bendungan ini akan meningkatkan produktifitas para petani.

“Dengan adanya suplai air dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya dapat satu kali tanam setahun, diharapkan nantinya akan bisa 2-3 kali tanam,” ungkap dia di Jakarta, Jumat (3/5/19).

Bendungan Gondang yang memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter kubik dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku ibu kota Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen. Dengan debit 200 liter per detik bagi 200.000 jiwa, dan irigasi lahan pertanian seluas 4.680 hektar.

Baca Juga : Kemendag Yakin Revitalisasi 5.000 Pasar Rakyat Tercapai di 2019

Selain itu bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik mikrohidro 0,2 MW, destinasi wisata dan menjadi konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Garuda.

Terkait jadwal pengisian awal bendungan dengan air, ditargetkan Bendungan Gondang bisa mulai penuh terisi air pada Oktober 2019 mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top