Iklan

Nusantara

Berapa Banyak Air yang Harus Di Minum Per Hari?

Strategi.id – Manfaat air minum sangatlah besar bagi tubuh. Air menjadi salah satu zat makro esensial dan berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, karena berbagai organ dalam tubuh seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70 hingga 80 persen air.

Menurut Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Budi Wiweko, masih banyak masyarakat belum sadar pentingnya minum air atau mengetahui berapa banyak kebutuhan cairan untuk tubuh.

Perlu diketahui, Kebutuhan asupan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung usia, berat badan, penyakit, hingga iklim.

Kebutuhan air pada bayi atau anak-anak dan lanjut usia tentunya lebih sedikit dibanding orang dewasa sehat. Normalnya, remaja dan dewasa sehat perlu minum air putih 8 gelas per hari atau dua liter.

Baca Juga : Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Dengan 5 Tips Ini

Prof. Ivan Tack, chairman Department of Medical Physiology di Toulouse School of Medicine, Paul Sabatier University, Prancis, mengungkapkan ada beberapa risiko penyakit yang akan muncul bila seseorang kurang minum.

“Salah satu risiko dari low drinker adalah terkena batu ginjal,” kata Tack dalam acara Konferensi Pers 2nd Indonesian Hydration & Health Conference (IH2C) yang diadakan di Gedung Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IMERI FKUI), Jakarta, Rabu (7/11/18).

SeIain itu, ia juga mengatakan, kurang minum dapat meningkatkan risiko infeksi kandung kemih terutama pada wanita.

Prof. Budi Wiweko, Ketua Indonesian Hydration Working Group, menambahkan bahwa sering kurang minum dapat meningkatkan risiko terkena penyakit gagal ginjal, kencing manis, dan penyakit kardiovaskular.

Untuk mencegah penyakit yang timbul akibat kurang minum, Tack menyampaikan berapa banyak minimal air yang perlu diminum oleh orang dewasa. “Minum air paling sedikit dua liter atau delapan gelas bagi orang dewasa dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal, infeksi kandung kemih, dan dapat membatasi perkembangan dari penyakit ginjal akut,” katanya.

Baca Juga : Ini Alasan Madu Baik Untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Meski anjuran standar air minum yang sebaiknya dikonsumsi adalah dua liter air, jumlah tersebut bisa berubah sesuai dengan keadaan kesehatan, pekerjaan, umur, dan faktor lainnya.

Semakin gelap warna urine, berarti jumlah air yang diminum harus ditambah. Selain itu, tanda lain yang menunjukkan tubuhmu kekurangan air adalah kulit dan bibir yang menjadi kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

Diwartakan Oleh:
Bernadetha Tiara
  • Berita Terbaru

    Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Tumbuhkan Solidaritas

    Strategi.id - Wabah Covid-19 yang masih melanda hingga kini harus menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas sesama…

    1 August 2021

    Puan Maharani: Tindak Tegas Mafia Obat Terapi Covid-19 Tanpa Pandang Bulu!

    Strategi.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengutuk praktik mafia obat, terlebih untuk obat terapi…

    1 August 2021

    Sebar Informasi Pasar Ekspor, Kemendag Buka Peluang Pasar Ekspor untuk UKM

    Strategi.id - Kementerian Perdagangan terus berupaya mendorong peningkatan ekspornonmigas Indonesia. Salah satunya melalui penyebaran informasi…

    1 August 2021

    Gus Halim Ajak Kampus Bersinergi Bangun Desa

    Strategi.id - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau…

    1 August 2021

    LMAN Salurkan Pendanaan Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur PSN

    Strategi.id - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah menyalurkan pendanaan pembebasan lahan guna mendukung percepatan…

    1 August 2021

    Bersama BEM SI dan BEM Nusantata, Kapolri Gencarkan Vaksinasi Percepat Herd Immunity

    Strategi.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi mahasiswa yang ikut berperan aktif dalam mendukung target…

    1 August 2021

    This website uses cookies.