Berburu Diskon Besar-besaran Jelang 11.11 – strategi.id
Nusantara

Berburu Diskon Besar-besaran Jelang 11.11

Strategi.id - Berburu Diskon Besar-besaran Jelang 11.11

Strategi.id – Jelang hari belanja akbar di dunia maya pada Minggu, 11 November (11.11) para warganet mulai memantau bermacam promo dan diskon yang ditawarkan platformbelanja online. Tercatat, informasi tentang 11.11 di Google mulai gencar dicari sejak 25 Oktober lalu dan meningkat tajam begitu memasuki November.

Dilansir dari liputan6, menurut laporan tim riset iPrice, belanja 11.11 melalui smartphone diproyeksikan berkembang. Pasalnya, Indonesia merupakan pengguna smartphone tertinggi Asia Tenggara, yakni 87 persen.

Diketahui pula bahwa 90 persen penjualan pada 11.11 tahun 2017 kemarin dilakukan via smartphone. Hal ini diproyeksi memberi efek pada metode belanja yang dilakukan konsumen.

Efeknya, pelaku e-commerce mulai melakukan inovasi agar pengalaman belanja lewat smartphone menjadi makin accessible dan interaktif bagi pihak konsumen pada 11.11.

Baca Juga : Xiaomi Merilis Dua Ponsel bertajuk Mi 8 Pro dan Mi 8 Lite

“Jika diamati, kini banyak pelaku e-commerce yang mengembangkan in-app games (istilah permainan interaktif di dalam aplikasi) untuk meningkatkan engagement konsumen. Sebut saja Lazada Slah It, Goyang Shopee, Tokopedia Shake-Shake, Bukalapak Shake-a-thon, dan lainnya,” tulis laporan iPrice.

Di samping gim, bermacam ragam promosi pun ditawarkan seperti flash sale, diskon produk, promo brand eksklusif, cashback, in-app games, pengiriman gratis, dan kuis. Shopee, JD.id, dan Elevenia tercatat mengadakan semua promo tersebut pada 11.11.

“Menariknya, flash sale menjadi jenis promosi yang paling banyak digelentorkan e-commerceyang kami observasi. Sedangkan promosi zaman lawas berupa giveaway sejauh ini belum terlihat secara kasat mata. Data tersebut menunjukkan adanya perubahan tren promosi belanja online yang dinarasikan oleh e-commerce,” jelas iPrice.

Dikutip dari laporan iPrice, tanggal 11 November awalnya perayaan bagi mereka yang masih lajang. Ide itu digagas oleh sekolompok mahasiswa Universitas Nanjing di China yang anti hari Valentine.

Sampai kemudian, Alibaba menjadikan hari ersebut sebagai hari belanja online bagi para lajang di tahun 2009. Penjualan pada 11.11 sangatlah besar, bahkan disebut melebihi di hari Thanksgiving, Black Friday, dan Cyber Monday di AS pada 2015.

iPrice mencatat, belanja pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). “Meski animonya tidak sebesar Harbolnas, namun preayaan yang jatuh pada tanggal 11 November ini disambut cukup baik oleh konsumen Indonesia,” jelas iPrice.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top