Budaya

BI Perkenalkan Wajah Baru Museum Bank Indonesia Gaet Generasi Milenial

Strategi.id -Museum BI yang terletak dikawasan Kota TUa
Strategi.id- BI Perkenalkan Wajah Baru Museum Bank Indonesia Gaet Generasi Milenial

Strategi.id- Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan, Museum BI pasca renovasi berpotensi menarik pengunjung lebih banyak. Sebab, museum tersebut dipoles dengan sentuhan teknologi terkini dengan gaya yang lebih interaktif.

Museum Bank Indonesia di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, pasca renovasi. Wajah baru museum tersebut menampilkan tempat bersejarah dengan sajian teknologi kekinian.

Targetnya bukan saja hanya wisatawan domestik, ia yakin wisatawan mancanegara akan penasaran dengan tampilan baru Museum BI. “Ini bisa jadi alat komunikasi kebijakan BI dan juga jadi obyek pariwisata. BI juga mendorong peningkatan devisa yang masuk,” ujar Mirza di Museum Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (2/11/18).

Mirza mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor penting yang didorong pemerintah. Ia ingin Museum BI menjadi tempat yang multifungsi, selain hanya sebagai museum.

Tempat tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai lokasi pentas seni, pembacaan puisi, hingga pameran lukisan. “Diharapkan Museum BI bisa mendatangkan selain wisatawan domestik, juga wisatawan mancanegara,” lanjut dia.

Mirza mengatakan, salah satu alasan museum tersebut direnovasi untuk menarik minat anak muda atau generasi milenial. Ia ingin citra museum yang kerap dianggap membosankan bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan.

Strategi.id- Koleksi Museum BI yang Terletak di kawasan Kota Tua Jakarta Barat

Strategi.id- Koleksi Museum BI yang Terletak di kawasan Kota Tua Jakarta Barat

Mirza mengatakan, di periode 2004-2011, Museum BI pernah direnovasi. Ruangan diperindah, namun tak ada cerita baru yang dihadirkan. Di periode selanjutnya, kata Mirza, semakin banyak perkembangan perbankan dan perekonomian Indonesia.

Museum BI yang baru tampil lebih modern dengan visualisasi yang memanjakan mata.Contohnya, terdapat berbagai diorama yang dibuat lebih menarik dengan efek visual.

Ada pula layar interaktif yang memperkenalkan kegiatan-kegiatan dalam perekonomian. Begitu layarnya disentuh, akan muncul visualisasi yang memberi penjelasan tentang kegiatan tersebut. Tak hanya untuk orang dewasa, Museum BI juga bersahabat bagi anak-anak usia sekolah dasar untuk mengenal istilah ekonomi sejak dini.

“Ada story board tentang inflasi, kenapa inflasi penting dijaga tetap rendah, tentang apa itu nilai tukar. Dengan cara story telling yang mudah dimengerti dengan audio visual,” kata Mirza.

“Diharapkan generasi muda yang lebih techno-minded juga mereka akan tertarik untuk datang ke museum,” kata Mirza.

Strategi.id - Suasana dalam Museum BI yang lebih menarik untuk menarik minat generasi MIlenial

Strategi.id – Suasana dalam Museum BI yang lebih menarik untuk menarik minat generasi MIlenial

Oleh karena itu, sekarang Museum BI menambah sejarah baru yakni hadirnya Gerbang Pembayaran Nasional, lahirnya 7-Days Repo Rate, hingga gerakan nontunai. “Ada juga uang seri baru mulai dari Rp 1.000 uang kertas sampai uang koin juga ada story-nya,” kata Mirza.

Ada pula sudut yang menampilkan sejarah bangunan museum yang ditampilkan dengan gaya modern. “Diharapkan masyarakat Indonesia bisa melihat berbgai macam kebijakan BI dari 2004 sampai 2016 dan 2017, melihat sejarah pembangunan gedung museum, siapa arsiteknya,” kata dia.

Ayo kita bersama sama liburan mengunjungi Museum!

Alamat Museum
Jl. Pintu Besar Utara No.3 Jakarta Barat, Indonesia
Telp. 021-2600158 ext. 8111
Email : museum@bi.go.id

Waktu Kunjungan *)
​Selasa – Jumat : 08.00 – 15.30 WIB
Sabtu – Minggu : 08.00 – 16.00 WIB

Tur dengan Pemanduan:
Selasa – Minggu:
08:00, 10:00, dan 13:00 WIB

*) Senin & Hari Libur Nasional Tutup

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × one =

Atas