BMKG: Evakuasi Pasca Tsunami Dilakukan dengan Kewaspadaan – strategi.id
Nusantara

BMKG: Evakuasi Pasca Tsunami Dilakukan dengan Kewaspadaan

Strategi.id - BMKG: Evakuasi Pasca Tsunami Dilakukan dengan Kewaspadaan
Strategi.id - BMKG: Evakuasi Pasca Tsunami Dilakukan dengan Kewaspadaan

Strategi.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau evakuasi pascatsunami Anyer dan Lampung dilakukan dengan penuh kewaspadaan. Ini dikarenakan hasil prakiraan cuaca BMKG menyatakan kondisi cuaca di sekitar Krakatau atau Selat Sunda mengalami konvergensi atau pertemuan angin dari sepanjang Selatan Lampung hingga Utara Jawa.

Kondisi konvergensi ini mengakibatkan perkembangan hujan yang cukup intensif di daerah sekitar Selat Sunda. Jakarta juga terkena dampak dari konvergensi itu, dalam bentuk hujan dengan intensitas ringan (gerimis) dari pagi hingga siang.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) perakiraan cuaca BMKG. Agie Wandala Putera menghimbau kepada semua pihak yang membantu jalannya proses evakuasi pasca tsunami Anyer dan Lampung agar tetap waspada.

“Kita berdoa agar ini (red: cuaca hari ini) tidak menghambat proses evakuasi. Tapi kita menghimbau dengan kondisi hari ini agar kawan-kawan yang sedang melakukan evakuasi harus tetap waspada”. Himbau Agie di Kantor Pusat BMKG, Jakarta (26/12/18).

Sementara itu, Agie berharap semua pihak yang hendak melakukan evakuasi melalui udara atau pun mengambil gambar melalui udara harus  berkoordinasi dengan posko-posko BMKG yang ada di lapangan. Untuk  ini yang ada di Merak, dan BMKG juga akan membuka posko di Labuan Banten untuk membantu proses evakuasi.

Baca Juga : Update Sementara BNPB Korban Tsunami Selat Sunda: 222 Meninggal, 843 Luka, 28 Hilang


Agie juga menambahkan perakiraan cuaca dari BMKG menyatakan dari hari ini. Rabu (26/12/18) sampai besok (27/12/18) wilayah sekitar Selat Sunda, Banten dan Lampung berpotensi diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Sementara itu, BMKG memprediksi gelombang laut di Selat Sunda memiliki ketinggian 1,5 sampai 2 meter. Gelombang ini cukup tinggi. Bagi kapal laut berukuran besar mungkin ketinggian ombak ini tidak akan menjadi masalah. Namun bagi warga yang hendak beraktifitas di pantai sekitaran Selat Sunda dihimbau untuk tetap berhati-hati.

Baca Juga : Gelombang Tinggi Mirip Tsunami Dikawasan Anyer Membuat Panik

“Dan hati-hati jangan termakan hoax. Bagi masyarakat yang hendak mengikuti perkembangan prakiraan cuaca bisa mengunduh di aplikasi BMKG. Dengan nama Info BMKG yang ada di app store atau play store. Juga bisa mengikuti informasi terkini dari medsos BMKG di instagram dan twitter dengan nama akun yang sama dengan aplikasi (Info BMKG),” tutup Agie.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top