BPIP Minta Pemda Bersikap Terkait Penolakan Renovasi Gereja di Kepri - strategi.id
Nusantara

BPIP Minta Pemda Bersikap Terkait Penolakan Renovasi Gereja di Kepri

Strategi.id – Konflik sosial terkait rumah ibadah kembali terjadi di tanah air. Kali ini sejumlah pihak di Tanjung Balai Karimun, Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) menolak renovasi Gereja Katolik Paroki Santo Joseph. Ketegangan sempat terjadi antara sejumlah pihak dengan pengurus gereja, tapi kabarnya kini telah ada yang memediasi.

Merespon pelarangan renovasi Gereja Katolik Santo Joseph, Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo, meminta kepada semua pihak untuk mengingat Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.

baca juga :Keseriusan Eka Bangun Pendidikan Bekasi

“Dalam Peraturan Bersama menag dan mendagri 8-9/2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah untuk Memelihara Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadah, di situ diatur mengenai gereja yang punya nilai-nilai historis prosesnya harusnya langsung (direnovasi), karena kondisinya sudah tua”, jelas Rohaniwan yang akrab disapa Romo itu, Jakarta (8/2/20).

Berdasarkan peraturan bersama itu, Benny menghimbau, “pemerintah daerah harus berani mengambil sikap terkait renovasi Gereja Katolik Santo Joseph, terlebih lagi pihak gereja sudah mengantongi izin untuk melakukan renovasi sejak delapan tahun lalu”.

Benny menilai pihak gereja telah taat kepada peraturan dan ketentuan yang ada, ini bisa dilihat dengan proses yang diikuti dalam mengurus izin renovasi gereja. Menurut Benny sudah seharusnya pihak gereja diberikan izin untuk melakukan renovasi.

baca juga : Pendidikan Vokasi Itu Penting, Tapi Indonesia juga Butuh Pemikir

Benny menyayangkan kejadian seperti itu terjadi di Indonesia, yang merupakan negara Pancasila. Menurutnya, “peristiwa penolakan seperti ini tidak semestinya terjadi, karena kehidupan masyarakat Pancasila mengutamakan musyawarah dan menjaga persatuan serta kemajemukan”.

baca juga :Siapa Sangka Bekasi Punya Banyak Tempat Liburan Asyik

Menurut Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP itu, Wali Kota Bekasi bisa dijadikan salah satu contoh kepala daerah yang tidak tunduk pada kemauan massa untuk melarang pendirian rumah ibadah.

Benny juga mengapresiasi Kementerian Agama yang telah bersikap terkait kasus pelarangan renovasi di Tanjung Balai Karimun. Dia menghimbau kepada semua pihak untuk mendukung langkah yang diambil oleh Kementerian Agama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top