BPOM Di minta Tidak Berhenti di Susu Kental Manis – strategi.id
Infrastruktur

BPOM Di minta Tidak Berhenti di Susu Kental Manis

okezonenews

Strategi.id – Sebelumnya, BPOM  telah merilis melalui laman resminya, bahwa Susu Kental Manis tak dapat dijadikan pengganti susu sebagai penambah atau pelengkap gizi, sebagaimana banyak diiklankan produsen SKM.

“Karakteristik jenis SKM adalah kadar lemak susu tidak kurang dari 8% dan kadar protein tidak kurang dari 6,5% (untuk plain). Susu kental dan analog lainnya memiliki kadar lemak susu dan protein yang berbeda, namun seluruh produk susu kental dan analognya tidak dapat menggantikan produk susu dari jenis lain sebagai penambah atau pelengkap gizi,” tulis BPOM.

Ketua Harian Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengaku tak berencana mengajukan gugatan kepada para produsen Susu Kental Manis (SKM) terkait surat edaran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tidak ada rencana menggugat, kami justru mengapresiasi edaran BPOM untuk meningkatkan upaya perlindungan konsumen,”Minggu (8/7).

Menurut Tulus, istilah SKM memang bisa menyesatkan konsumen. Sehingga kata susu patut dihilangkan, khususnya bagi produk yang kandungan proteinnya kurang dari 7,5%.

BPOM juga mengeluarkan surat edaran terkait SKM demi melindungi konsumen, khususnya anak-anak. Dalam surat edaran tentang Label dan Iklan pada Produk Susu Kental (SKM) dan Analognya, BPOM melarang produsen SKM menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 tahun dalam bentuk apapun.

Produsen juga dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk susu kental dan analognya disetarakan produk susu lain sebagai penambah dan pelengkap gizi. “Adapun produk susu lain seperti susu sapi, susu yang dipasteurisasi, susu yang disterilisasi, susu formula, susu pertumbuhan,” ujar Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, BPOM, Suratmono, dalam surat edarannya,

Menurut Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi, BPOM tidak boleh hanya berhenti menyasar SKM. Sebab saat ini banyak produk makanan maupun minuman kemasan yang punya karakter macam SKM.

Dia mencontohkan, minuman sari buah dan jus yang diklaim produsen punya banyak kandungan sari buah, alih-alih gula. Atau berbagai minuman lain yang saat ini digemari anak-anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top