Infrastruktur

Bulog Siapkan Strategi Jitu Amankan Harga Beras

Strategi.id - Bulog Siapkan Strategi Jitu Amankan Harga Beras
Strategi.id - Bulog Siapkan Strategi Jitu Amankan Harga Beras

Strategi.id – Guna mengamankan stok beras nasional dan mendistribusikan ke masyarakat Bulog diharapkan memiliki strategi baru yang tepat. Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Sutarto Alimoeso.

Menurutnya, peran utama Bulog adalah penyeimbang harga pangan. Kenaikan harga beras belakangan ini dan dominannya beras impor di gudang Bulog adalah bukti ketidaksiapan negara dalam menyerap beras petani.

Baca juga : Diduga Korupsi Beras Bencana, Gudang Bulog Karawang-Bekasi Diperiksa

“Waktu saya (pimpin Bulog) itu stok 3.645.000 ton, tertinggi selama Bulog berdiri. Kenapa bisa seperti itu, Karena ada produksi yang berlebih, dan strategi kita pas,” jelas Sutarto dalam keterangannya, dikutip, Sabtu 24/11/18.

Adapun strategi tersebut, lanjut Sutarto adalah saat produksi tinggi, saat itu pula Bulog beli beras petani karena harga turun. Namun, bila strategi tidak pas, tidak akan dapat barang.

Ia menuturkan, agar kenaikan harga beras di akhir tahun dapat diantisipasi bulog harus menggelontorkan beras melalui sejumlah operasi pasar yang terukur.

Sutarto mengungkapkan, kebutuhan per bulan saat ini sekitar tiga juta ton. Dengan rata-rata lahan produksi 500 ribu hektare yang panen. Maka, kata dia, di pasaran akan ada sekitar 1,5 juta ton.

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − 11 =

Atas