Bunda, Yuk Kenali Ciri – Ciri Nyamuk Aedes Aegypti – strategi.id
Merah Putih

Bunda, Yuk Kenali Ciri – Ciri Nyamuk Aedes Aegypti

Startegi.id - Ciri nyamuk DBD / foto : alodok
Strategi.id - Bunda, Yuk Kenali Ciri - Ciri Nyamuk Aedes Aegypti

Strategi.id – Musim hujan tiba, mengakibatkan populasi nyamuk bertambah dan mulai berkeliaran. Kurangnya menjaga kebersihan saat musim hujan bisa membuat perkembangan nyamuk Aedes Aegypti kian bertambah banyak.

Penting untuk mengenali ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah (DBD). Nyamuk ini mudah diketahui dari corak khas di sekitar tubuhnya.

baca juga : Ini Tradisi yang Penting dilakukan Saat Imlek dan Filosofi di Baliknya

Bentuk dan Corak Khas

Ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti di antaranya memiliki bentuk relatif kecil. Ciri khas pada nyamuk ini yaitu adanya corak loreng-loreng putih dan hitam pada kaki dan bagian tubuh lainnya.

Nyamuk Aedes aegypti lebih suka tinggal di tempat yang dapat menampung air dan berwarna gelap yang terletak di tempat yang teduh. Lokasi favorit untuk memproduksi telur yaitu di tangkai pohon, lubang pohon dan tempat penampungan air yang tidak tertutup.

Siang hari merupakan waktu nyamuk Aedes aegypti aktif mengigit manusia. Umumnya nyamuk Aedes aegypti mulai beraktivitas sekitar dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Walau demikian, bukan tidak mungkin nyamuk Aedes aegypti mengigit di malam hari, khususnya di tempat yang berpenerangan baik.

Gigitan nyamuk Aedes aegypti sering tidak disadari, karena nyamuk ini menghampiri dari belakang dan menggigit di bagian siku atau pergelangan kaki. Selain manusia, nyamuk Aedes aegypti juga mengigit hewan peliharaan, khususnya mamalia.

baca juga : Kementerian Kesehatan: Penderita DBD Terus Bertambah

Menyebarkan Penyakit Lain

Selama ini, nyamuk Aedes Aegypti identik dengan penyakit DBD. Padahal tidak hanya itu, nyamuk Aedes Aegypti juga dapat menyebarkan virus lain yang mengakibatkan penyakit :

  • Demam Kuning. Penyakit demam kuning akibat serangan virus dengue banyak ditemukan di Afrika dan daerah tropis seperti Amerika tengah dan Selatan.
  • Chikungunya. Nyamuk Aedes aegypti diduga sebagai penyebab epidemi chikungunya di India, benua Afrika, dan beberapa negara Asia Tenggara.
  • Virus Zika. Aedes aegypti berperan penting di dalam menyebarkan virus zika yang berbahaya dari nyamuk ke manusia.

Langkah penting untuk mencegah penularan penyakit melalui nyamuk Aedes aegypti yaitu membasmi habitat atau sarangnya sejak dini. 

Cara membasmi nyamuk Aedes aegypti, misalnya selalu menjaga kebersihan tempat penampungan air dan membuang sampah botol atau wadah-wadah yang dapat menampung air yang sudah tidak digunakan. Penting untuk melakukan ini bersama-sama masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. (btw/is)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top