Bupati dan DPRD Setujui Brebes Selatan Mekar Jadi Kabupaten – strategi.id
Nusantara

Bupati dan DPRD Setujui Brebes Selatan Mekar Jadi Kabupaten

Strategi.id - Bupati dan DPRD Setujui Brebes Selatan Mekar Jadi Kabupaten

Strategi.id – Rapat paripurna DPRD yang membahas persetujuaan Daerah Otonomi Baru (DOB) digelar, Senin (5/11/18). Meski sempat molor hingga satu jam, hasilnya cukup menggembirakan bagi warga Brebes Selatan.

Rapat menyetujui 6 kecamatan di Brebes Selatan mekar menjadi kabupaten sendiri. Enam kecamatan tersebut di antaranya, Kecamatan Bumiayu, Kecamatan Tonjong, Kecamatan Salem, Kecamatan Bantarkawung, Kecamatan Sirampog, dan Kecamatan Paguyangan. Daerah otonom baru itu, telah ditetapkan bernama Kabupaten Brebes selatan dengan ibukota Kabupaten di Kecamatan Bumiayu.

Berdasarkan pantauan panturapost, puluhan pegiat pemekaran Kabupaten Brebes Selatan langsung menggelar sujud syukur. Mereka juga saling berpelukan beberapa saat setelah DPRD Brebes menyetujui pemekaran.

Rapat paripurna dihadiri 32 anggota dewan. Seluruh fraksi dalam pandangan umumnya menyetujui adanya pemekaran wilayah yang bernama Kabupaten Brebes Selatan.

Usai disetujui, Ketua DPRD Kabupaten Brebes melakukan penandatangan dokumen persetujuan pemekaran Kabupaten Brebes. Dokumen tersebut selanjutnya diserahkan ke Wakil Bupati Brebes, Narjo, yang hadir mewakili Bupati Brebes Idza Priyanti untuk ditindaklanjuti.

Di kutip dari Pantura Post “Hari ini Bupati dan DPRD telah merespon keinginan lama yang luhur masyarakat Brebes Selatan untuk memenuhi PP 78 tentang persyaratan pembentukan DOB,” ucap Ketua DPRD Brebes Illia Amin usai paripurna.

Ia pun mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Brebes selatan yang selama ini sudah mengawal bersama terkait proses DOB. “Mari mulai hari ini kita bersatu dan bersama memperjuangkan misi yang suci ini demi kemaslahatan umat Brebes selatan,” jelasnya.

Baca Juga : Dana Desa Wujud Perhatian Pemerintah Kepada Desa

Setelah persetujuan bersama antara Bupati dan DPRD, kata dia, dokumen selanjutnya akan diserahkan dan disampaikan ke Gubernur.

“Jadi tahapanya hasil persetujuan bersma ini disampaikan ke Gubernur untuk kemudian diparipurnakan di DPRD Provinsi sebelum disampaikan ke pusat,” ungkapnya.

Perwakilan pegiat pemekaran Brebes Selatan, Rozikin mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan DPRD Brebes yang telah menyetujui berdirinya DOB Brebes Selatan.

“Kami bersyukur acara paripurna ini berjalan aman dan tertib hingga selesai. Harapan kami mudah – mudahan dalam waktu dekat Brebes Selatan akan menjadi DOB,” ucap Rozikin.

Ia menyatakan, seluruh pegiat pemekaran Brebes Selatan akan mengawal tahapan selanjutnya terkait DOB hingga ke provinsi dan pusat.

“Ini memang baru tahap awal lepas dari kabupaten. Setelah ini ke depan selanjutnya ke provinsi dan pusat. Bupati dan Ketua DPRD juga mendukung sepenuhnya mengawal proses ini bisa berjalan hingga ke pusat,” ujar dia.

Sementara itu, menurut Wakil Bupati Brebes, Narjo, persetujuan DPRD itu merupakan bagian dari tahapan atau prosedur dalam proses pemekaran suatu wilayah dalam hal ini Brebes Selatan.

“Jadi kami ucapkan terimakasih atas persetujuan pemekaran ini sudah resmi disetujui oleh DPRD.  Memang tahapan awal ini sebagai tahapan menuju pemekaran Brebes Selatan,” ucap Narjo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top