Bupati Sumenep: Renovasi Rumah Korban Gempa Selesai Desember - strategi.id
Nusantara

Bupati Sumenep: Renovasi Rumah Korban Gempa Selesai Desember

Strategi.id - Bupati Sumenep: Renovasi Rumah Korban Gempa Selesai Desember
Strategi.id – Pulau Sapudi di Madura menjadi daerah terparah dampak gempa bumi Situbondo dengan kekuatan 6,3 magnitudo pada Kamis (11/10/18) lalu. Berdasarkan data BPBD Kabupaten Sumenep yang telah terverifikasi, sebanyak 498 rumah rusak akibat gempa tersebut.
Pemkab Sumenep menargetkan, proses renovasi rumah korban gempa itu akan selesai dalam dua bulan ke depan atau Desember 2018.
“Perbaikan akan dilakukan secara bertahap, mulai dari rusak berat, sedang dan ringan. Untuk perbaikan ini Desember akhir tahun ini (2018) selesai,” kata Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim usai berkunjung ke Pulau Sapudi, Jumat (19/10/18).
Abuya menjelaskan, data 498 unit rumah warga yang rusak itu terbagi dalam tiga kategori yakni rusak ringan, sedang, hingga parah. Jumlah tersebut tersebar di Kecamatan Nonggunong dan Kecamatan Gayam yang ada di Pulau Sapudi.
Akan tetapi, kata Busyro, kemungkinan proses pembangunan akan terhambat dalam hal distribusi bahan material. Sebab letak Sapudi yang berada di kepulauan, bukan seperti Sumenep yang berada di daratan Madura. Selain itu juga karena adanya keterbatasan kapal di Pulau Sapudi.
“Jadi jangan dibayangkan seperti di daratan (Sumenep). Kalau butuh batu bata harus beli ke Sumenep, ini masalah lagi, selain memerlukan transportasi juga butuh biaya lagi,” ucapnya.
Busyro menambahkan, seluruh anggaran renovasi sebesar Rp 20 miliar termasuk bantuan material akan ditanggung oleh Pemprov Jatim. Semua bantuan juga dipusatkan di posko utama yang terletak di Desa Pancor, Kecamatan Gayam, Sumenep.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top