Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018 – strategi.id
Internasional

Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018

Cabang Olahraga Baru di Asian Games 2018 (Foto : Bobo.Id / Is)

Strategi.id – Pernah mendengar istilah pentathlon modern? Pentathlon berasal dari kata penta yang artinya lima dan athlon yang artinya lomba. Sesuai dengan namanya, modern pentathlon merupakan gabungan dari lima olahraga sekaligus. Olahraga ini menggabungkan olahraga anggar, renang gaya bebas, berkuda palang rintang, menembak, dan lari lintas alam.

Cabang olahraga ini sudah diadakan sejak Olimpiade di Stockholm pada tahun 1912 untuk laki-laki dan ditahun 2000 pada Olimpiade Sydney untuk perempuan.  Olahraga ini dilombakan tidak hanya pada saat olimpiade dan sering juga ada di acara-acara olahraga lainnya. Pentathlon Modern ini merupakan salah satu cabang yang untuk pertama kalinya di pertandingkan dalam Asian Games 2018.

Sejak pagi hari ini Senin (23/7/2018), enam orang atlet cabang pentathlon modern yang akan terjun dalam Asian Games 2018 sudah berlatih tanding untuk cabang olahraga anggar yang mengambil lokasi di SMA Adria Pratama Mulya, Tangerang, Banten.

Setiap atlet yang saling berhadapan dalam cabang anggar ini harus mencetak poin sebanyak – banyaknya dalam satu menit.

“Memberikan yang terbaik sebisa mungkin, juara itu sudah bonus,” ujar Dea Salsabila salah satu atlet pentathlon modern.

Setelah anggar selesai, lalu dilanjutkan dengan lomba renang 200 meter gaya bebas. Penilaian dilakukan terhadap atlet berdasarkan yang paling cepat untuk kemudian dilanjutkan dengan mengambil kuda.

Pada cabang berkuda, para atlet diharuskan menyelesaikan sejumlah rintangan dengan kuda yang sudah ditentukan sebelumnya melalui undian.

“Dari atlet, kami usahakan mereka sudah siap semuanya,” ujar Yusri atlet pentathlon modern.

Yang terakhir yaitu kombinasi menembak dan lari sejauh 3,2 kilometer. Setiap satu putaran atau 800 meter, para atlet akan berhenti berlari untuk menembak dengan pistol laser sebanyak lima kali.

Pelatih atlet pentathlon Silvia Kristina mengatakan “Senjata yang kita pakai saat latihan ini khusus junior,” Korea Selatan menjadi salah satu negara yang diunggulkan untuk cabang olahraga ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top