Cara Memilih Oli Motor Yang Benar, Cek Disini – strategi.id
Nusantara

Cara Memilih Oli Motor Yang Benar, Cek Disini

Strategi.id - Cara Memilih Oli Motor Yang Benar, Cek Disini
Strategi.id - Berbagai macam jenis Oli Motor

Strategi.id – Oli mesin ibarat darah, kondisinya mesti selalu bagus, makanya kalau di tubuh ada ginjal untuk menyaring, kalau di mesin wajib rajin diganti agar fungsinya selalu terjaga, yang meliputi pelumasan, pembersihan dan peredam panas.

Pada motor bebek dan sport, penggantian rata-rata kisaran 2.500-3.000 km, di skutik yang koplingnya kering bisa sampai 4.000 km. Jarak yang cukup singkat jika motor digunakan untuk harian.

Lalu bagaimana sih memilih oli yang benar?

Berikut tips yang diberikan oleh Totok Subagyo, Brand SEO (Small Engine Oil) Manager PT Pertamina Lubricant:

1. SAE atau tingkat kekentalan sebaiknya sama, karena sudah disesuaikan dengan teknologi yang diusung.

“Jika pakai yang multigrade, misal tak ada yang sama persis, lihat angka yang belakang, karena depan untuk kode winter di kita tidak pengaruh,” terangnya.

Jadi jika aslinya 10W-40, boleh saja ganti 20W-40 atau 5W-40. “Meski begitu ada pengecualian untuk mesin di atas 5 tahun atau jarak tempuh lebih dari 100.000 km, yang biasanya celah sudah lebih longgar sehingga membutuhkan oli lebih kental,” saran Mardiani Indriastuti, Product Manager Federal Oil.

2. API atau kode mutu sebaiknya juga mengikuti standarnya atau pilih yang lebih tinggi.

“Ini berhubungan dengan aditif yang dipakai, mengacu ke kebijakan teknologi mesin yang dipakai,” lanjut Totok.

Jadi misal aslinya pakai SJ, boleh saja naik ke SL tapi jangan sebaliknya.

3. JASO yang menunjukkan standar kopling yang dipakai juga wajib dipatuhi, yaitu JASO MA atau MB.

MA untuk kopling basah yaitu mayoritas motor bebek dan sport, sedang MB untuk kopling kering seperti di skutik.

Oli berspesifikasi JASO MA bisa dipakai di skutik, tapi sebaliknya yang JASO MB tidak boleh dipakai di bebek dan sport.

Lalu oli apa saja yang menurut OTOMOTIF punya value for money tinggi? Berikut beberapa di antaranya, yang tentu saja karena punya harga yang terjangkau namun berkualitas tinggi

  • Pertamina Enduro 4T Racing SAE 10W-40

Pertamina Enduro 4T Racing SAE 10W-40

Harganya cukup terjangkau, yang kemasan 1 liter saja hanya kisaran Rp 46 ribuan. Bahan yang digunakan sudah synthetic, jadi daya tahannya terjamin dan sudah memenuhi sertifikasi JASO MA2, yang artinya menjamin tak akan bikin slip kopling cocok untuk mesin kopling basah. Lalu standar mutunya sudah API SJ, cukup tinggi.

 

  • Federal Racing 10W-40

Federal Racing 10W-40

Bahan yang digunakan sudah full sintetis dengan nama ISO Polymerized Synthetic Base Oil, sifatnya lebih stabil sehingga performa selalu terjaga punya aditif Double ACT Clener yang membuat pembersihan komponen di dalam mesin jadi lebih maksimal. Standar mutunya cukup tinggi, API SL dan JASO MA2 yang tentu saja ramah untuk kopling basah.

 

  • Shell Advance AX7

Shell Advance AX7

Menurut website resminya, tersedia dalam beberapa kekentalan yaitu SAE 10W-30, 10W-40, dan 15W-50. Teknologi andalannya adalah Active Cleansing yang diklaim mampu mencegah partikel-partikel kotoran agar tidak saling melekat dan membentuk endapan, sehingga menghasilkan daya & respon yang lebih kuat, mengurangi kebisingan & getaran mesin serta melindungi & memperpanjang masa pakai mesin.

 

  • Yamalube Power Matic

Yamalube Power Matic

Jika 3 produk sebelumnya berspesifikasi JASO MA atau untuk mesin kopling basah, nah yang satu ini dikhususkan untuk skutik, yaitu Yamalube Power Matic.

Salah satu keunggulannya pakai molybdenum, yang membuat gesekan jadi lebih rendah sehingga menunjang mesin agar lebih irit bensin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top