Cara Turunkan Kadar Gula Darah dengan Kacang Almond – strategi.id
Merah Putih

Cara Turunkan Kadar Gula Darah dengan Kacang Almond

Cara Enak Turunkan Kadar Gula Darah dengan Kacang Almond
Cara Enak Turunkan Kadar Gula Darah dengan Kacang Almond

Strategi.id- Kacang Almond mungkin bukan makanan aneh bagi kita. Ya, kita bisa menemukannya di dalam es krim hingga cokelat. Tapi tahukah Anda, jika almond dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh?

Ya, beberapa makanan memang bekerja sangat baik dalam menurunkan kadar gula darah. Bahkan almond juga dapat menghilangkan ‘lonjakan gula’ setelah makan, kata penelitian baru dari Kanada.

Lalu bagaimana cara yang tepat mengonsumsi kacang almond untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh?Simak ulasan lengkapnya di tautan berikut ini.

Baca Juga : Makan-makananan Milenial ini Bisa Picu Kambuhnya Mag

“Kami menemukan bahwa makan almond dapat memiliki dampak yang signifikan dalam menumpulkan respons glikemik dan insulin tubuh ketika diberi makan karbo hidrat,” kata rekan penulis studiCyril Kendall dari University of Toronto.

“Almond telah ditemukan mengurangi kadar kolesterol LDL dan mengandung berbagai nutrisi penting,” katanya. “Penelitian baruini menunjukkan bahwa memasukkan kacang almond ke dalam makanan dapat membantu dalam pengelolaan kadar gula darah dan timbulnya penyakit seperti diabetes,juga membuat jantung sehat.”

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition edisi terbaru ini mengamati efek dari lima kali makan, dimakan pada lima kesempatan berbeda, pada kadar glukosa darah, insulin dan antioksidan dari 15 sukarelawan sehat.

Makanannya adalah dua makanan uji kontrol dengan roti putih, makanan uji dengan roti putih plus 60 gram almond, makanan uji dengan nasipratanak, dan makanan uji dengan kentang tumbuk instan. Semua makanan seimbang dengan karbohidrat, lemak, dan protein, menggunakan mentega dan keju.

Peneliti utama David Jenkins melaporkan bahwa indeks glikemik untuk makan nasi dan almond, secara signifikan menurunkan kadar gula darah daripada makan kentang (masing-masing 38 dan 55 vs 94).

Baca Juga : 5 Alternatif Makanan Pengganti Nasi, Cocok Buat Kamu yang Lagi Diet

Konsentrasi tiol protein serum diukur untuk mengukur tingkat kerusakan protein oksidatif – peningkatan kadar yang terkait dengan kerusakan yang lebih sedikit. Jenkins dan rekan kerjanya melaporkan bahwa, setelah makan almond, konsentrasi tiol meningkat (15mmol / L), sementara penurunan diamati setelah makan roti kontrol, nasi, dan kentang.

“Almond cenderung menurunkan risiko ini dengan mengurangi perjalanan glikemik dan juga menyediakan anti oksidan,” katapara peneliti.

Permintaan almond telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, karena selera berbagai komunitas pemakan almond telah berkembang. Bahkan kacang almond menjadi makanan yang lebih umum.

Studi ini didanai oleh Dewan Almond California, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik Research Council of Canada (NSERC), dan Endowment Ketua Penelitian Kanada dari Pemerintah Federal Kanada.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top