Catat! Masker Wajib, Ini Cara Menggunakan Dengan Benar - strategi.id
Kabar Baik

Catat! Masker Wajib, Ini Cara Menggunakan Dengan Benar

Strategi.id-Catat! Masker Wajib, Ini Cara Menggunakan Dengan Benar

Strategi.id – Presiden Joko Widodo mengingatkan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO agar seluruh masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Di awal WHO menyampaikan bahwa yang pakai masker hanya yang sakit. Tapi sekarang semua yang keluar rumah harus pakai masker,” ujarnya dalam rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, (06/04/20).

Baca Juga : UPDATE Korona 6 April: 2.491 Kasus Positif dan 192 Sembuh

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan sesuai rekomendasi WHO, pemerintah menjalankan kebijakan masker untuk semua.

“Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan N95 hanya untuk tenaga medis. Gunakan masker kain,” katanya di Graha BNPB, Senin (06/04/20).

Dukungan WHO ini muncul ketika ada penelitian ilmiah yang menunjukkan efek positif dari mengenakan masker dalam penyebaran virus corona Demikian disampaikan Dr. Michael Ryan, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Jumat (03/04/20).

“Mungkin ada situasi di mana pemakaian masker dapat mengurangi tingkat infeksi pada orang yang terinfeksi,” kata Ryan, dikutip South China Morning Post.

Artinya First line defense atau pertahanan paling depan adalah menggunakan masker dan cuci tangan untuk bisa menghalau penyebaran Covid-19

Baca Juga : Pemerintah Wajibkan Warga Menggunakan Masker Saat di Luar Rumah

Masker sendiri selain sangat penting digunakan orang sakit (demam/batuk/bersin) atau mereka yang merawat orang sakit , Masker juga berguna buiat orang sehat terkena Virus disaat mereka beraktifitas di luar ruangan.

Berikut panduan cara menggunakan masker yang tepat.

  • Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).
  • Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker saat digunakan; bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau bila tidak ada, cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%)
  • Ganti masker yag basah dengan masker baru dan jangan gunakan kembali masker yang sudah dipakai.
  • Untuk membuka masker: lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker; buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk memasang masker baru, ikut poin pertama di atas.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top