Cinta Segitiga Kaesang Akan Berlabuh Pada Siapa? - strategi.id
Dialektika

Cinta Segitiga Kaesang Akan Berlabuh Pada Siapa?

Strategi.id - Cinta Segitiga Kaesang Akan Berlabuh Pada Siapa?

Strategi.id – Pada awalnya, Meilia Lau marah terhadap Kaesang Pangarep yang telah memutuskan cinta terhadap anaknya, Felicia Tissue. Tak berselang lama, Meilia juga marah terhadap sosok pacar baru Kaesang, Nadya Arifta. Rumor bahwa Nadya adalah kekasih baru Kaesang, juga dramatis, karena Nadya merupakan karyawan Kaesang dan Felicia. Kemarahan Meilia kemudian digenapi dengan kemarahan Daryl Chew, yang tak lain adalah kakak kandung Felicia.

Pada akhirnya, Kaesang menjadi bulan-bulanan warganet. Itu tidak lain disebabkan Meilia dan Daryl yang meluapkan kemarahannya di media sosial. Bahkan, mencolek Joko Widodo yang merupakan ayah dari Kaesang Pangarep, yang saat ini merupakan Presiden Indonesia ke-7 Indonesia sejak 2014.

Upaya Meilia untuk menarik perhatian Kaesang agar mempertimbangkan kembali cinta terhadap anaknya memang berhasil. Sebab ada ratusan juta warganet yang iba menyaksikan seorang ibu membela anak gadisnya. Bahkan, rasa iba itu menjadi sangat dramatis karena informasi yang dikeluarkan Meilia bahkan menyebut materi berupa sebuah kendaraan roda empat yang belum dikembalikan Kaesang. Dan, dalam postingan instagram yang lain pemilik akun @meilia_lau ini menyebutkan bahwa Kaesang yang selama lima tahun terakhir hidup di Singapura mendapat kemudahan termasuk merintis bisnis ditopang oleh keluarganya tanpa pamrih.

Informasi yang begitu sensitif dilontarkan Meilia dalam postingan kemarahannya di media sosial Instagram pada hari Minggu (07/03/21) akhirnya membuat sosok Kaesang terlihat ‘kebangetan’, ‘bad boy’, ataupun ‘php’ alias pemberi harapan palsu.

Pada sisi lainnya, Meilia juga mempersonifikasi Nadya Arifta yang secara tidak langsung Meilia menyidir bahwa ada ‘guna2’ yang dilakukan Nadya terhadap pacar anaknya, yang dikabarkan rencananya pada Desember 2020 lalu berniat akan menikahi Felicia.

Tidak ada pembelaan yang sepadan dilakukan Kaesang terhadap tudingan Meilia. Namun, pada hari ini Senin (08/03/21) sebuah video wawacara Kaesang Pangarep beredar di media sosial. Dalam video berdurasi kurang dari satu menit tersebut Kaesang berusaha menepis keributan yang menimpa dirinya.

“Gimana ya, itu kan masalah pribadi, ngapain toh diumbar-umbar. Tidak etis,” kata Kaesang.

Ketika ia ditanya pewawancara bahwa hal ini sudah terlanjur menjadi konsumsi publik. Kaesang seperti enggan berbicara soal masalah asmaranya dengan Felicia. Namun pewawancara merasa Kaesang perlu meluruskan informasi yang beredar luas.

“Jadi gini, Mas, aku sebenarnya sudah ngomong untuk mengakhiri hubungan ini di pertengahan Januari, dan di waktu itu juga aku dimaki-maki,” kata Kaesang dalam sebuah video, Senin (08/03/21).

Hingga tulisan ini dibuat, belum ada lagi pernyataan balasan dari Meilia di akun Instagramnya, maupun Daryl Chew melalui akun Youtube milik Felicia. Sehingga, ramainya komentar warganet dan minimnya pernyataan dari anak Presiden Jokowi dan keluarga Felicia ini menyisakan tanda tanya besar.

Berikut sejarah hubungan antar Kaesang Pangarep dengan Felicia Tissue:

1. Felicia dan Kaesang bertemu di Singapore University of Social Science sebagai mahasiswa Jurusan Pemasaran, keduanya lulus bersama di tahun 2019.

2. Hidup di Singapura seorang diri, Kaesang menjadi dekat dengan Felicia dan keluarganya.

3. Hubungan asmara diantara mereka terjalin selama 5 tahun dan terdapat rencana Kaesang untuk menikahi Felicia pada Desember 2020.

4. Namun keadaan berubah, Felicia dan Kaesang putus komunikas sejak Januari 2021, upaya menjalin komunikasi lewat keluarga Kaesang yang lain juga tidak mendapat balasan.

5. Tanggal 5 Maret 2021 akun lambe turah mengunggah gambar dan screenshoot akun twitter Kaesang dan Nadia, pacar baru Kaesang di akun instagramnya.

6. Meilia Lau selaku ibu Felicia marah karena Kaesang ingkar janji untuk menikahi Felicia dan malah sekarang punya perempuan lain. Kondisi ini juga menjadi jawaban atas menghilangnya Kaesang untuk dihubungi beberapa waktu terakhir.

7. Buntutnya reaksi marah muncul juga dari kawan-kawan Felicia dan Kaesang yang satu alumni dengan mereka.

8. Reaksi marah juga dari video Youtube Felicia yang digunakan oleh Deryl Chew selaku Kakak dari Felicia atas perbuatan Kaesang yang membuat adiknya patah hati.

9. Kaesang pada tanggal 8 Maret 2021 mengunggah video percakapan yang berisi klarifikasi bahwa dirinya pada pertengahan Januari 2021 telah bicara mengenai berakhirnya hubungan mereka dan juga mendapatkan makian pada saat memutuskan Felicia pada pertengahan Januari.

Postingan-postingan inilah yang membuat warganet terbelah atas siapa yang “kebangetan” dalam urusan pribadi anak Presiden Jokowi ini. Pada satu sisi, warganet ada yang pro terhadap Kaesang dengan melihat kronologis Kaesang telah memutuskan Felicia pada pertengahan Januari. Sebaliknya, tidak sedikit juga empati dan simpati terhadap Meilia Lau sebagai seorang ibu yang menyayangi putri kandungnya yang disakiti oleh seorang pria, yang tidak lain adalah Kaesang.

Terlepas dari pro kontra, motivasi dan drama yang disuguhkan ini, terdapat suatu aturan yang spesifik dibuat untuk kondisi semacam ini, dimana media sosial dipakai menjadi ajang meluapkan perasaan dan emosi yang dapat menyebar dengan cepat dan berdampak masif. Dimana, mungkin saja isi luapan perasaan dan emosi tersebut melanggar etika dan norma sosial dan kurang etis untuk dilakukan.

Aturan tersebut merujuk pada UU ITE Pasal 27 ayat (3) yang menyebut: melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Dimana sanksi yang diancamkan bagi pembuatnya terdapat pada Pasal 45 UU ITE, yaitu ayat (1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Sebagai catatan, Felicia Tissue dan keluarganya merupakan Warga Negara Asing (WNA) Singapura. Jadi, peristiwa ini menjadi sebuah temuan baru bagi penegakkan aturan UU ITE dalam konteks penggunaan media sosial sebagai media untuk meluapkan kemarahan sesuai dengan tujuan UU ITE ini dibuat.

Tentu saja, UU ITE adalah upaya terakhir, karena yang paling utama dalam hal ini adalah mempertanyakan kembali rasa cinta antara Kaesang dan Felicia yang telah terjalin selama 5 tahun lamanya. Lantas, benarkah Nadya Arifta adalah kekasih baru Kaesang? Ini yang terpenting, cinta segitiga anak Presiden sebenarnya akan berlabuh pada siapa?.

Penulis Oleh: Asto Notonegoro (Penulis Strategi.id)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top