Daftar Hitam Caleg Koruptor Akan diTerbitkan KPK – strategi.id
Nusantara

Daftar Hitam Caleg Koruptor Akan diTerbitkan KPK

Tirto
Strategi.id- Daftar Hitam Caleg Koruptor Akan diTerbitkan KPK, KPK mendukung adanya aturan larangan mantan napi korupsi untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Aturan yang termuat dalam Peraturan KPU tersebut sudah resmi diundangkan Kementerian Hukum dan HAM.
“Itu bagus, sangat mendukung. Orang yang pernah mencederai kita masak dipilih,” ungkap Ketua KPK Agus Rahardjo di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (4/7).

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang bilang pihaknya mempertimbangkan opsi untuk membuat daftar hitam narapidana korupsi.

Hal tersebut dikatakannya terkait implementasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 20/2018 yang melarang mantan narapidana kasus korupsi menjadi calon legislator (caleg).

Termasuk menjalin kerja sama selanjutnya dengan KPU. “Kalau memang diperlukan, tentu KPK akan membantunya,” katanya kepada Kontan.co.id, Selasa (3/7).

Meski demikian hal tersebut tentu kata Saut tak akan dilakukan tergesa-gesa. Pun akan menyesuaikan dengan tahapan proses Pemilihan Legislatif.

“Kalau soal waktu ya pastinya harus menyesuaikan dan sejalan dengan tahapan proses pendaftaran Caleg,” sambungnya.

Asal tahu beleid ini, telah diteken oleh Ketua KPU Arief Budiman. Meski demikian pengesahan ini kemudian jadi polemik, sebab beleid tersebut belum disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Sebelumnya Menkumham Yasonna H. Laoly bilang meski sudah ditandatangani. Pun ia menilai PKPU tersebut dengan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2017 tentang Pemilu dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top