Dana Kelurahan dengan Dana Desa, Apa Bedanya ? – strategi.id
Nusantara

Dana Kelurahan dengan Dana Desa, Apa Bedanya ?

Dana Kelurahan dengan Dana Desa, Apa Bedanya ?
Dana Kelurahan dengan Dana Desa, Apa Bedanya ?

Strategi.id – Cukup mengejutkan bahwa pada tahun depan pemerintah mengakomodasi aspirasi pemerintah daerah terkait dengan dana kelurahan. Padahal pemerintah pusat sudah menyediakan anggaran dana desa yang bisa dimanfaatkan.

Pemerintah dan Banggar DPR sepakat mengalokasikan dana kelurahan sebesar Rp 3 triliun untuk tahun 2019. Anggaran ini masuk dalam pos dana alokasi umum (DAU). Lalu apa bedanya dana kelurahan dengan dana desa?

Direktur Dana Perimbangan Kementerian Keuangan Putut Hari Satyaka mengatakan dana kelurahan merupakan dana yang alokasinya diatur langsung oleh pemerintah. Namun demikian, pengalokasian tetap melalui APBN atau dari pusat.

“Yang mempunyai kewajiban untuk mengalokasikan secara langsung pendanaan bagi kelurahan adalah Kabupaten/Kota,” kata Putut Jakarta, Jumat (26/10/18).

Putut menjelaskan, dana kelurahan akan masuk dalam APBD sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2018. Ada 8.212 kelurahan yang akan menerima dana ini di tahun depan.

“Sehingga tambahan DAU ini adalah sebagai dukungan bagi Pemda untuk menyediakan pendanaan bagi kelurahan, detail penggunaannya nantinya akan diatur dengan Peraturan Mendagri,” jelas dia.

Sedangkan dana desa merupakan dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa dan desa adat yang ditransfer melalui APBD kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah mengalokasikan Dana Desa. Setiap Kabupaten/Kota mengalokasikannya ke pada setiap desa berdasarkan jumlah desa dengan memperhatikan jumlah penduduk (30%), luas wilayah (20%), dan angka kemiskinan (50%).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top