Di Tengah Krisis, WNI di Venezuela Antusias Beri Suara - strategi.id
Internasional

Di Tengah Krisis, WNI di Venezuela Antusias Beri Suara

Strategi.id - Di Tengah Krisis, WNI di Venezuela Antusias Beri Suara

Strategi.id – Krisis politik yang melanda negara Amerika Selatan Venezuela tak menyurutkan antusiasme warga negara Indonesia (WNI) yang berada di sana untuk memberi suara dalam pemilihan umum.

Berdasarkan keterangan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Caracas, gelaran pemilu melalui Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) pada Minggu (14/4/2019) berjalan lancar.

“Partisipasi pemilih, termasuk diaspora Indonesia sangat menentukan kualitas demokrasi kita,” ungkap Ketua PPLN Caracas, Anselmus Baru dalam keterangan yang diterima Bisnis.com, Selasa (16/4/19).

Baca juga : 40 Lembaga Riset Akan Melakukan Quick Count Pemilu 17 April 2019

Pemungutan suara melalui TPSLN sendiri dilaksanakan di kantor KBRI Caracas. Sebanyak 29 orang terdaftar sebagai pemilih tetap dan empat orang masuk daftar pemilih tambahan. Para pemilih memberikan suara kala TPSLN beroperasi puku 08.00 sampai 18.00.

Selain memfasilitasi pemungutan suara bagi diaspora Indonesia yang berada di ibu kota Venezuela, PPLN Caracas juga melayani WNI yang berada di kota lain di kawasan tersebut dan di negara tetangga melalui metode Kotak Suara Keliling (KSK) dan pos.

Metode ini dilaksanakan pada 8 April di Puerto La Cruz, Venezuela dan diikuti oleh 13 pemilih tetap serta 8 pemilih tambahan. Langkah serupa diikuti dengan KSK ke Trinidad dan Tobago pada 12 sampai 13 April yang diikuti oleh 160 pemilih tetap.

Baca juga : Dugaan Kecurangan Pemilu di 7 Negara, TKN Jokowi-Ma’ruf Laporkan ke Bawaslu

Lebih lanjut, PPLN Caracas juga memfasilitasi WNI yang berada di Grenada, St. Lucia, dan St. Vincent dan Grenadines melalui metode pos dengan 20 pemilih tetap.

Rangkaian Pemilu Luar Negeri 2019 di Caracas akan ditutup dengan penghitungan suara pada Rabu, 17 April 2019 waktu setempat. Pada penutupan, Sekretaris PPLN Caracas, Restu Fajar Anggriawan, kembali mengundang WNI di Venezuela untuk dapat menyaksikan proses penghitungan suara sembari memanfaatkan libur panjang Paskah di Venezuela.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top