Dialog Fokus Wacana UI Gerakan Mahasiswa Menguntungkan Jokowi - strategi.id
Nusantara

Dialog Fokus Wacana UI Gerakan Mahasiswa Menguntungkan Jokowi

Strategi.id -Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih pada 20 Oktober 2019 diyakini peserta Dialog Terbatas Fokus Wacana UI akan berlangsung lancar dalam situasi yang kondusif.

Dialog bertema SitNas & TanNas Jelang Pelantikan Presiden: Tantangan Demokrasi, Pancasila, & Keutuhan NKRI itu diselenggarakan Fokus Wacana UI di Jakarta, pekan lalu.

Kendati akan lancar, Prof Dr Asvi Warman Adam APU menilai kisruh politik belakangan ini sebagai dampak masalah yang bersumber dari partai pendukung Presiden.

“Gerakan mahasiswa malah tidak berbahaya, justru sebaliknya lebih menguntungkan posisi Jokowi,” ujarnya.

Terkait kritik Asvi tentang kelambanan BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila), juga diakui oleh Kepala Program Studi Ketahanan National (Tannas) Pasca Sarjana UI, Dr AJ Simon Runturambi.

Andai ada kelemahan dalam era pertama kepresidenan Jokowi-JK, menurut Simon, hal itu lebih pada dua aspek. Yaitu aspek ideologi dan aspek sosial-budaya.

Terkait saran mencari titik temu dari kisruh politik ini, Romo Benny Susetyo dari BPIP berpendapat penegakan demokrasi harus mengarusutamakan martabat kemanusiaan. Demokrasi tak pernah membenarkan upaya kekerasan dalam mencapai tujuan.

“Pemerintah harus tegas menindak para pelaku kekerasan dan upaya pemaksaan pendapat yang tidak konsitusional” ujarnya.

Dialog Fokus Wacana UI yang dipandu Dhia Prekasha Yoedha ini diikuti Dr Fadjroel Rahman, Dr. Ir Satrio Arismunandar, Dr Yongla Patria M, Danardono itu juga mempanelkan Dr Sri Yunanto, pengamat masalah keamanan.

Tujuan dialog terbatas itu menurut Koordinator FW UI Bob R. Randilawe, untuk memetakan masalah dan menemukan solusi konstitusional. (mohar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top