Dibangun Bulan Depan, Bandara Purbalingga Selesai April 2020 - strategi.id
Infrastruktur

Dibangun Bulan Depan, Bandara Purbalingga Selesai April 2020

Strategi.id - Dibangun Bulan Depan, Bandara Purbalingga Selesai April 2020

Strategi.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga tahap I selesai pada April 2020.

“Administrasi akan kita selesaikan, Insya Allah pada April 2020 akan selesai baik itu terminal maupun landasannya,” ucap dia dalam sebuah keterangan tertulis, Rabu (13/3/19).

Bandara Jenderal Besar Soedirman tahap 1 yang dibangun oleh PT Angkasa Pura II (Persero) ini akan memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 1.600 meter yang bisa didarati pesawat jenis twin propeller seperti ATR 72-600.

baca juga : Pembangunan Bandara Singkawang Dimulai

Apron seluas 6.432 m2, taxiway 165 x 18 meter dan luas terminal 3.600 m2 yang mampu menampung kapasitas hingga 300 ribu penumpang per tahun.

Ke depannya, runway bandara Soedirman Purbalingga rencananya akan dikembangkan hingga 2.400 meter dan lebar 45 meter yang bisa didarati oleh pesawat yang lebih besar seperti jenis Boeing 737.

“Untuk pembebasan lahan sudah clear, kemudian adanya bandara baru ini akan mempermudah masyarakat menuju daerah Purbalingga, Purwokerto dan sekitarnya. Tentunya itu akan meningkat konektivitas dan perekonomian di wilayah sekitar,” ujar Budi.

baca juga : Akhirnya MRT Terwujud, Mimpi Jakarta Sejak 1985

Dia menilai, wilayah Purbalingga memiliki potensi industri yang bagus. Keberadaan lapangan udara yang dulunya bernama Wirasaba ini dianggap mampu meningkatkan potensi industri tersebut.

Salah satunya yakni industri bulu mata palsu yang merupakan terbesar kedua di dunia. Menhub berharap, investasi dan industri di bidang lain juga akan bisa berkembang dengan cepat dengan adanya bandara ini.

“Di sini ada industri yang bekerjasama dengam Korea seperti wig dan bulu mata, itu yang saya minta kepada pemerintah daerah untuk segera dikembangkan sehingga nanti investasi dari investor lebih mudah untuk datang kesini,” ujar dia.

Berikan Komentar

Berikan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Atas