Dicari 1000 Orang Yang Tepat Menjadi Komisaris di 140 BUMN - strategi.id
BUMN

Dicari 1000 Orang Yang Tepat Menjadi Komisaris di 140 BUMN

Strategi.id-Dicari 1000 Orang Yang Tepat Menjadi Komisaris di 140 BUMN (Foto :twitter)
Strategi.id-Dicari 1000 Orang Yang Tepat Menjadi Komisaris di 140 BUMN

Strategi.id- Mentri BUMN Erick Thohir membuat gebrakan baru ingin merubah jajaran komisaris seluruh BUMN.

Sebelumnya Erick Thohir melakukan dengan seluruh eselon I dalam sehari dan mengundang tokoh tokoh publik untuk bergabung dalam jajaran BUMN seperti Ahok.

Baca Juga : Pahala Mansury Ditunjuk Menjadi Dirut BTN dan Chandra Hamzah Menjadi Komut

Dituturkan oleh Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, Erick berencana merombak habis jajaran komisaris di 140 BUMN.

“Lagi dievaluasi,” ujar Arya, saat dijumpai di kementerian, Kamis (21/11/19).

Staf Khusus BUMN ini menuturkan, terdapat 140 BUMN di mana komisarisnya masing-masing mencapai 5 sampai 8 orang per BUMN. Artinya ada 700 hingga 1000 komisaris yang ditempatkan kementerian untuk mengawasi kinerja badan usaha pelat merah.

Kementerian menginginkan komisaris ini bisa bekerja lebih optimal untuk pengawasan. “Ngapain diangkat kalau yang mengawasi kementerian juga,”ujar Arya.

Erick, kata Arya, ingin intervensi kementerian berkurang dan ada perampingan. Selama ini, menurutnya, interaksi lebih dominan dari kementerian langsung. “Ke depan, inginnya komisaris karena kan kementerian tidak day to day urusi perusahaan tersebut, biar komisaris karena itu bidangnya.”

Oleh sebab itu, Erick tengah mencari sosok-sosok yang bisa dipercaya untuk mengawasi kinerja 140 BUMN. Pemilihan komisaris ini sangat ditekankan dan penting bagi kementerian.

baca juga : Erick Thohir: Peningkatan Kerjasama Perdagangan dan Investasi Jepang Fokus Pada Peningkatan SDM

Pemilihan komisaris akan dicari sesuai dengan latar belakangnya, baik di bidang kebijakan publik, keuangan, operasional. Arya belum mau mengungkap berapa banyak jumlah komisaris yang akan dirombak, ia hanya menekankan akan disesuaikan dengan kebutuhan BUMN.

Salah satu gebrakan Erick yaitu menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

“Basuki Tjahaja Purnama Komisaris Utama di Pertamina. Didampingi oleh pak Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin jadi Wakil Komisaris Utama di Pertamina,” ujarnya, Jumat (22/11/19).

baca juga :Krisis Ekonomi Picu Perubahan Politik 1965 dan 1998, Eksponen FKSMJ ’98 Minta Jokowi Lakukan 7 Hal Ini

Selain dua nama di atas, Erick juga menyodorkan Emma Sri Martini, eks direktur utama Telkomsel. Emma ditunjuk menjadi Direktur Keuangan Pertamina menggantikan Pahala Nugraha Mansury.

Pergantian Pahala di Pertamina, sambung Erick, berkaitan dengan tugas barunya di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Pahala akan dibantu oleh Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama BTN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top