Dongeng Kemerdekaan dan Kepahlawanan Berlangsung Seru di RPTRA - strategi.id
Nusantara

Dongeng Kemerdekaan dan Kepahlawanan Berlangsung Seru di RPTRA

Strategi.id - Dongeng Kemerdekaan dan Kepahlawanan Berlangsung Seru di RPTRA

Strategi.id – Para juru cerita dari Tim Dongeng Literasi Jaringan Anak Nasional (Tidolit JARANAN) beraksi kembali di bulan Agustus 2019 ini. Sepanjang satu pekan mereka mendongeng di hadapan anak-anak di pelbagai Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang di ada di wilayah Jakarta Utara (Jakut).

“Pada bulan Agustus ini para juru cerita anak dari Tidolit JARANAN disebar ke RPTRA-RPTRA di Jakut untuk menghibur dan menyampaikan dongeng bertema kemerdekaan an kepahlawanan kepada anak-anak,” ujar Direktur Eksekutif JARANAN Nanang Djamaludin dalam perbincangan dengan strategi.id, Senin (19/8/19).

Program bertajuk Story Telling di RPTRA itu, jelasnya, merupakan kerjasama Sudin Pusip Jakarta Utara dengan JARANAN..Sejak Januari lalu program ini telah dijalankan tiap bulannya di banyak RPTRA wilayah Jakut dengan melibatkan banyak juru cerita anak. Anak-anak PAUD/TK dan SD kelas rendah yang tinggal di sekitaran RPTRA menjadi sasaran kegiatan tersebut.

Nanang menyampaikan, dari tanggal 13 hingga 18 Agustus 2019 para juru cerita Tidolit JARANAN yang diterjunkan di RPTRA Jakut mendongeng dengan cerita dan aksi panggungnya sendiri, dengan mengangkat tema yang relevan di bulan kemerdekaan ini.

“Tema kemerdekaan spesial didedikasikan kepada anak-anak di RPTRA untuk mengenalkan dan memupuk rasa cinta tanah air dan bangsanya sejak usia dini. Sekaligus untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme melalui dongeng,” ujar konsultan keayahbundaan dan perlindungan anak itu.

Adapun para juru cerita Tidolit JARANAN yang diterjunkan adalah Kak Mardi di RPTRA Green Rengas yang membawakan cerita berjudul “Bimo Mini Pahlawan Kelas di Sekolah”.. Ia mendongeng dengan serunya di hadapan siswa-siswi SDI Nur Farha sebanyak 80 orang.

Teh Desi membawakan cerita berjudul “Kerjasama Membawa Kesejahteraan” di RPTRA Amanah . Tak cuma mendongeng, Teh Desi pun mengisi dengan kegiatan :senam bersama, kuis, dan membuat kerajinan tangan bersama-sama.

Kang udinwae, juru cerita berlatar seniman musik, dihadapan siswa-siswi PAUD Melati, PAUD Kenanga, dan TK Sejahtera mengetengahkan judul “Mengisi Kemerdekaan” di RPTRA Kapuk Muara.

Di RPTRA Al Alam, Mas Yoga yang juga seniman teater, membawakan cerita imajinatif berjudul “Burung Garuda”. Dan Bunda Yani mengetengahkan cerita berjudul “Keluarga Pahlawan NKRI” kepada anak-anak di RPTRA Biru Laut.

Juru cerita lain adalah Kak Muklis yang mendongeng di RPTRA Satria Biru, Bang Kukuh di RPTRA Rawa Badak Utara, Kak Yono di RPTRA Kapuas, Kak Adit di RPTRA Walang Baru, dan Kak Riyan Boyan di RPTRA Kamal Bahari.

Ada pula Bunda Leni di RPTRA Tipar Asri, Bunda Arsanah di RPTTRA H. Oyar, Bunda Sri Maryati di RPTRA Rasela, Kak Sipah di RPTRA Nias 3, dan Tante Eka Citra di RPTRA Gading Ayu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top