Doni Manardo: Perlu Partisipasi Publik dan Gotong Royong Melawan Korona - strategi.id
Nusantara

Doni Manardo: Perlu Partisipasi Publik dan Gotong Royong Melawan Korona

Strategi.id-Doni Manardo: Perlu Partisipasi Publik dan Gotong Royong Melawan Korona
Strategi.id-Doni Manardo: Perlu Partisipasi Publik dan Gotong Royong Melawan Korona

Strategi.id- Letnan Jenderal Doni Monardo, Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 meminta daerah yang belum ada kasus penularan virus Corona segera menyusun rencana aksi. “Daerah yang merasa belum ada kasus diharapkan tidak tinggal diam, tapi segera menyusun rencana aksi,” kata Doni dalam konferensi pers di RS Darurat Covid-19,Minggu (22/03/20).

Hal itu diungkapkan Doni setelah melihat tren peningkatan kasus Covid-19 di Tanah Air dari waktu ke waktu. Saat ini, tercatat sudah 450 orang positif Covid-19, dimana 20 di antaranya telah sembuh dan 38 orang lainnya meninggal dunia.

Baca Juga : Erick Thohir : Wisma Atlet Kemayoran Siap Menangani Pasien Korona

Doni mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mendukung penuh kebutuhan di daerah. Dengan adanya peningkatan jumlah masyarakat yang positif Corona, prioritas pemerintah saat ini mengoptimalkan semua sumber daya.

Doni Kepala BNPB juga menghimbau , seluruh kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-10, seperti gubernur, bupati, wali kota, degan wakilnya dari unsur-unsur TNI dan Polri, harus bisa melakukan perencanaan dengan baik. “Mana rumah sakit pusat di daerah miliknya, TNI Polri, BUMN, untuk segera dioptimalisasi untuk segera mungkin disiapkan dengan baik.”

Baca Juga : RS Darurat Penanganan Covid-19 Sudah Siap Beroperasi Senin, 23 Maret 2020

Selain itu, Doni juga mengharapkan seluruh partisipasi publik berbasis komunitas dalam penanganan Covid-19. Publik bisa menyiapkan logistik untuk tenaga kesehatan, dokter, perawat, termasuk mobilisasi tenaga relawan untuk kepentingan medis. “Segenap bangsa bisa gotong royong, saling bahu membahu, hentikan segala polemik berhubungan dengan status, seperti lockdown.”

Ia memastikan, pemerintah pusat siap membantu pemerintah daerah dalam menanggulani penyakit yang kini telah menjadi pandemi global tersebut.

Baca Juga:UPDATE Bencana Korona 21 Maret 2020,450 Positif, 38 Meninggal dan 20 Sembuh

Di lain pihak, Doni juga meminta agar masyarakat dapat mengakhiri polemik status lockdown dan mulai saling bahu membahu untuk membantu mengatasi persoalan ini agar cepat selesai.

“Yang kita butuhkan sekarang kedisiplinan, bisa menjabarkan social distancing, jaga jarak, dilarang berdekatan. Kita bisa selamat, kita bisa sehat, apabila kita bisa berdisiplin,” ucapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top